Waspada! Oknum Tidak Dikenal Lemparkan Penipuan Berhadiah Tiket Pesawat via Whatsapp

0
Sumber: express.co.uk

Kemajuan teknologi yang merupakan salah satu dampak dari perkembangan jaman seolah menjelma menjadi sebuah mata pisau, jika dipergunakan secara bijaksana maka hasilnya akan positif, begitu pun sebaliknya. Kejadian inilah yang terjadi beberapa bulan yang lalu, dimana beberapa pengguna Whatsapp di dunia dikejutkan dengan percobaan penipuan yang mengiming-imingi korbannya dengan hadiah tiket pesawat. Para korban diperintahkan untuk mengikuti sebuah survei sebelum akhirnya mereka tertipu.

Baca Juga: Waspada! Pengemudi Uber Punya Trik Baru Untuk Kelabui Penumpang

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk, penipuan ini menawarkan dua tiket penerbangan menggunakan maskapai Emirates secara cuma-cuma hanya dengan mengisi sebuah survei cepat. Orang-orang yang menjadi korban penipuan ini akan menerima sebuah tautan dalam pesan Whatsapp yang akan mengarahkan si korban menuju situs Emirates. Tapi nyatanya, para korban tidak masuk ke dalam situs Emirates melainkan ke situs si penipu.

Di sana, para korban diminta untuk meluangkan waktu dan mengisi sebuah survei yang berisikan pertanyaan seperti “Apakah Anda selalu menggunakan Emirates untuk terbang?” dan “Seberapa sering Anda terbang?”. Setelah melewati tahap pengisian survei, para korban diberitahu bahwa mereka telah memenangkan dua tiket gratis dari Emirates, tapi untuk mendapatkan tiketnya, para korban diminta untuk membagikan survei tersebut kepada 10 pengguna Whatsapp lainnya.

Setelah selesai, korban akan dialihkan menuju laman web lain yang meminta mereka untuk mengkonfirmasi rinciannya. Di fase ini, sebenarnya para korban tengah digiring untuk berlangganan pesan premium yang biaya tagihannya akan muncul di akhir bulan. Bisa disimpulkan ini merupakan tindak pemerasan yang berkedok penipuan.

Jika korban memilih melanjutkan ke fase selanjutnya untuk menyelesaikan semua langkah, mereka kemudian akan diarahkan ke halaman yang bertuliskan: “Terima kasih telah mengikuti survei ini”. Namun setelahnya, akan muncul tulisan, “Maaf Anda kurang beruntung, silakan coba lagi. Semoga beruntung”. Patut diwaspadai bahwa penipuan ini sangatlah rapi dan tidak mengundang curiga siapapun, ditambah dengan penggunaan multi bahasa yang bisa memantapkan para korban untuk terjerumus ke dalamnya: Bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, dan Portugis.

Baca Juga: Pertama Kali Mau Naik Taksi di Luar Negeri? Sebelumnya Baca Tips Ini

Dilansir dari laman sumber terpisah, pihak Emirates menampik semua pemberitaan tersebut dan tidak pernah mengeluarkan promo bagi-bagi tiket gratis. Jika Anda telah menjadi korban penipuan ini atau yang sejenis, sebaiknya copot pemasangan aplikasi Whatsapp yang telah Anda download dan hubungi provider Anda untuk memeriksa apakah Anda telah mendaftar ke layanan SMS premium manapun. Berhati-hatilah!

Leave a Reply