10 Tahun Lalu Diterbangkan dari Afghanistan, Presenter Bertemu Pilot Penolongnya Saat ke Paralimpiade Tokyo

0
Presenter BBC, JJ Chalmers bertemu pilot David Elis yang membawanya keluar dari Afghanistan sepuluh tahun lalu. Foto: People

Sepuluh tahun lalu, seorang veteran marinir Inggris yang juga presenter BBC yakni JJ Chalmers tidak pernah tahu siapa yang menerbangkannya keluar dari Afghanistan saat dirinya dalam keadaan koma karena terkena bom di pinggir jalan. Namun saat dirinya dalam perjalanan menuju ke Jepang untuk meliput Paralimpiade Tokyo untuk BBC Radio 5 Live, seorang awak kabin menepuk pundaknya dengan misterius.

Baca juga: Teka-teki Dibalik Sistem Pertahanan Udara di Bandara Kabul Afghanistan

“Ini salah satu pekerjaan impian saya dan merupakan momen yang cukup istimewa sampai satu awak kabin menarik saya ke satu sisi dan berkata, ‘Tuan Chalmers, apakah saya benar mengatakan bahwa Anda bertugas di Afghanistan?’ Dan saya seperti, ‘Ini mau kemana? Apa yang terjadi disini?’“ ungkapnya.

Saat itu awak kabin mengatakan bahwa pilot mereka menerbangkan dirinya kembali dari Afghanistan ke Inggris saat terluka sepuluh tahun lalu. Chalmers mengaku dirinya menangis sebagai salah satu reaksi yang dikeluarkannya setelah mengetahui hal itu.

Nama pilot yang menyelamatkan dirinya adalah David Ellis. Sebelum hal itu dikemukakan kepada Chalmer, Ellis telah menerima manifes penumpang beberapa hari sebelum penerbangan. Dia mengenali nama Chalmer dan mencari di Google serta mendapatkan tanggal cedera dan melakukan triangulasi dengan log terbang RAF lamanya untuk mengetahui bahwa benar dia yang membawanya kembali ke rumah.

Dilansir KabarPenumpang.com dari nydailynews.com (25/8/2021), saat itu tahun 2011, dan Chalmers ditempatkan di Afghanistan membantu melindungi warga sipil setempat dan melakukan pencarian bom. Pada bulan Mei tahun itu, selama pencarian, dia dan timnya memicu bahan peledak. Dua temannya dan penerjemah Afghanistan mereka tewas, sementara Chalmers dan tiga lainnya terluka parah.

Chalmers, yang bernama lengkap Lance Cpl. John James Chalmers, telah memiliki lebih dari 30 operasi dalam dekade berikutnya. Dia nyaris tidak perlu mengamputasi lengannya, menurut organisasi asisten veteran yang dia dirikan, Help for Heroes. Sikunya rusak parah, dan dia kehilangan dua jari, serta mengalami cedera wajah dan kaki.

Chalmers tahu bahwa awak pesawat dan pilot telah berperan dalam menyelamatkan hidupnya. Tapi dia tidak tahu siapa nama mereka dan menemukan prospek bertemu langsung dengan pilot itu secara tak terduga.

“Saya duduk dengan ketakutan bertemu seseorang yang belum pernah saya temui sebelumnya, sungguh. Maksudku, dia melihatku, tidak sadarkan diri, seseorang yang begitu mendalam dan penting dalam hidupku sehingga kamu tidak pernah berpikir kamu akan bertemu,” kata Chalmers.

“Halo, JJ. Senang bertemu denganmu lagi,” kata Ellis, seperti yang diceritakan Chalmers.

Pembatasan Covid mencegah mereka berjabat tangan, tetapi itu tidak menghentikan mereka untuk mengenang berjam-jam tentang waktu mereka. Selain itu dia mendapat kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya.

“Saya berterima kasih padanya karena memainkan peran penting dalam memastikan saya memiliki kehidupan. Dia adalah bagian yang kritis pada tahap awal di mana hidup saya masih sangat tergantung pada keseimbangan,” kata Chalmers.

Selain mendirikan kelompok bantuan veteran dan menjadi presenter TV, Chalmers juga menjadi parathlete, mendapatkan medali emas di Invictus Games 2014, mitra Inggris untuk Paralimpiade. Game-game itu didirikan oleh Pangeran Harry, yang telah menjadi teman bahkan muncul melalui Zoom untuk menghibur Chalmers ketika dia berkompetisi di “Strictly Come Dancing” Inggris, acara yang menginspirasi “Dancing With the Stars.”

Baca juga: Pesawat Delay Karena Badai Pasir, Pilot Belikan Pizza untuk Semua Penumpang

“Saya berutang sesuatu yang tidak akan pernah bisa saya bayarkan kembali kepada Anda. Saya sangat berterima kasih atas apa yang Anda lakukan untuk saya. Terima kasih,” kata Chalmers kepada pilot.