10 Tips Buat Kenangan Liburan Selama Musim Pandemi

0

Menikmati liburan memang penting, biasanya ini dilakukan untuk melepaskan stres dan penat di tempat kerja. Bahkan dengan liburan pikiran akan menjadi lebih fresh dan ketika kembali kerja bisa lebih semangat lagi.

Baca juga: Hujan dan Banjir Nekat Liburan? Cek Tipsnya

Di masa pandemi saat ini, rencana liburan mungkin banyak yang batal dan mau tak mau harus menunda bepergian karena adanya pembatasan sosial berskala besar hingga tidak adanya kendaraan yang mengangkut untuk menuju ke tempat berlibur. Meski begitu ada beberapa tips yang bisa dimasukkan dalam rutinitas perjalanan ketika pandemi berakhir. Berikut beberapa tips yang dirangkum KabarPenumpang.com dari thestar.co.my (23/4/2020).

#1 Buat rencana perjalanan tertulis
Rencana perjalanan dibuat sedetil mungkin dari waktu penerbangan atau keberangkatan kereta dan kode reservasi hotel. Bila ada perubahan seperti tambahan lokasi, langsung ubah di dalam rencana perjalanan. Ini bisa di simpan dalam ponsel, laptop atau Google Documents. Catat nama restoran atau lokasi piknik untuk makan.

#2 Beri waktu untuk buat kenangan
Ketika berlibur, sempatkan diri untuk membuat kenangan dengan momen-momen tertentu yang jarang didapatkan di lokasi tersebut. Seperti pelangi atau yang lainnya.

#3 Sertakan kelas atau pertemuan
Bila rencana perjalanan juga ada kelas memasak, pertemuan foto, pembelajaran bahasa atau yang berhubungan dengan orang banyak, Anda bisa mengumpulkan alamat email dan kontak media sosial orang-orang. Dengan ini, Anda bisa berbagi satu atau dua foto yang tidak dibagikan ditempat.

#4 Ambil tatakan gelas atau alat tulis hotel
Disetiap penginapan ada tatakan gelas atau alat tulis. Ini bisa difoto atau Anda ambil sebagai kenang-kenangan.

#5 Ambil foto orang yang ditemui
Bila diizinkan, ketika berjalan-jalan sempatkan memfoto orang-orang. Seperti memfoto pelayan restoran, pengemudi taksi atau angkutan yang ditumpangi.

#6 Buat jurnal atau posting foto di media sosial
Jangan terlalu rajin menshare foto di Instagram Anda karena bisa membuat warganet lainnya bosan. Jika bisa menggambar, buat sketsa beberapa hal. Kalau tidak ambil dengan kamera menggunakan tripod.

#7 Kumpulkan info teks sebanyak mungkin
Ketika mengambil foto, jangan lupa dapatkan lokasi foto tersebut sehingga Anda bisa merekonstruksi rute perjalanan.

#8 Atur foto yang akan diposting
Karena tidak baik untuk memposting foto secara langsung dan terus-terusan. Sebelumnya pilih foto dan jangan lupa menyertakan tempat dan tanggal Anda bepergian. Baiknya seminggu sekali untuk mempost foto. Atau bila ingin memposting banyak foto sekaligus, baiknya diedit melalui aplikasi agar dijadikan satu kemudian baru dipost dalam satu kali.

#9 Cetak foto perjalanan
Tak hanya dipamerkan di media sosial. Saat ini juga masih banyak yang mencetak foto mereka dan di pajang di ruang tamu atau kamar untuk membuat memori bepergian. Tak hanya itu, bisa juga foto dipajang menjadi walpaper ponsel atau laptop.

Baca juga: Liburan di Bangkok? Ini Tips dari Tourism Authority of Thailand Biar Tak Salah Arah!

#10 Ulangi untuk diri sendiri
Jangan membosankan teman-teman dengan kisah perjalanan yang sama. Karena itulah cara Anda menjaga mereka tetap hidup. Bahkan, melalui beberapa keajaiban psikologi manusia, kisah-kisah itu menjadi lebih baik setiap saat.

Leave a Reply