166 Tahun Sudah Jaringan Perkeretaapian India Layani Penumpang

Sumber: ste.india.com

Sebagai moda transportasi massal yang mampu mengangkut ratusan penumpang sekaligus, tidak heran rasanya jika kehadiran kereta api di berbagai negara digambarkan bak tulang punggung transportasi di sana – tidak terkecuali India. Kendati pemberitaan media terkait jaringan kereta api di India kerap kali menyudutkan negara penghasil film Bollywood tersebut karena kualitasnya yang berada di bawah negara lain, namun faktanya jaringan kereta api India merupakan salah satu yang pertama di dunia yang berhasil mengkoneksikan seluruh negara via jalur darat.

Baca Juga: Dalam 5 Tahun, Kejahatan di Kereta Api India Meningkat Hingga 500 Persen!

Selain itu, tanggal 16 April kemarin rupanya menjadi tanggal yang sangat bersejarah bagi perkeretaapian India, karena 166 tahun silam – tepatnya 16 April 1853, jaringan perkeretaapian India pertama kali mengular dengan membawa penumpang.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman news18.com (16/4/2019), kala itu kereta diwajibkan untuk menempuh jarak sejauh 34 km yang menghubungkan Bombay dengan Thane. Tidak berlebihan jika dapat disimpulkan bahwa masyarakat India sudah menaruh hati kepada jaringan perkeretaapiannya selama 166 tahun.

Mengangkut sekira 400 penumpang yang tersebar di 14 gerbong, kereta yang pertama mengular di India ini menggunakan tiga lokomotif yang masing-masing diberi nama Sahib, Sindh, dan Sultan.

“16 April 1853, kereta pertama di India mengular yang terdiri dari 14 gerbong dalam satu rangkaian. Kala itu kereta berangkat dari Chhatrapati Shivaji Terminal dengan muatan sekira 400 penumpang,” ujar Menteri Perkeretaapian India dalam sebuah cuitan di jejaring sosial Twitter yang diunggah pada 16 April 2019 kemarin.

Walaupun perkembangan jaringan perkeretaapian di India tidaklah terlalu pesat layaknya di negara-negara lain seperti Jepang, Cina, atau bahkan Indonesia, namun masyarakat di sana seolah sudah menyandarkan kebutuhan mereka untuk bermobilisasi kepada kereta api.

Baca Juga: Ketepatan Waktu Kereta India Mengalami Penurunan Akibat Faktor Keterlambatan

Seolah enggan melewati momen spesial ini begitu saja, banyak masyarakat India yang lalu mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” kepada jaringan kereta tersebut via berbagai platform jejaring media sosial.