8 Film Terkenal yang Syuting di Pesawat, Nomor 7 Nyaris Bikin Aktor Tewas!

0
Agen IMF Ethan Hunt yang diperankan Tom Cruise bergelantungan di pesawat, asli tanpa rekayasa, hingga ribuan kaki. Foto: Tangkapan layar

Sejak dahulu, ada belasan atau mungkin puluhan film yang menceritakan tentang pesawat ataupun memiliki adegan unik dan monumental di atau dengan pesawat. Dari jumlah tersebut, beberapa film diatur sedemikian rupa agar pesawat dan berbagai detail bisa menyerupai aslinya.

Baca juga: Syuting Adegan Pilot ‘Aneh’ di Kokpit ala Sinetron Indonesia! Netizen: Kalo Ga Bisa Jangan Maksain

Tak hanya itu, beberapa dari mereka juga menampilkan adegan-adegan nyata tanpa bantuan green screen. Salah satunya bahkan sampai membuat sang aktor nyaris celaka. Penasaran? Diktuip dari CNTraveler, berikut daftar delapan flm terkenal dan favorit yang syuting di pesawat.

1. Air Force One

Film Air Force One rilis pada tahun 1997. Film yang dibintangi oleh Harrison Ford sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ini menceritakan tentang pembajakan pesawat kepresidenan AS. Saat syuting, sebetulnya pesawat yang digunakan adalah Boeing 747-100 milik maskapai kargo charter American International Airways. Tetapi, ini dirombak sedemikian rupa sampai menyerupai Air Force One.

2. Executive Decision

Film yang dirilis pada 15 Maret 1996 ini menampilkan adegan penyelamatan oleh tentara AS di pesawat Boeing 747-200 Oceanic Airlines Flight 343 yang sedang dibajak. Tentara khusus AS itu menyusup ke dalam pesawat dan berhasil mengambil alih setelah melumpuhkan teroris.

3. The Aviator

Film yang dirilis tahun 2004 ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai Howard Hughes, penerbang, pebisnis, dan desainer pesawat ulung asal AS. Film ini lebih banyak menceritakan perjalanan Howard Hughes di dunia penerbangan, salah satunya menerbangkan H-4 Hercules flying boat.

4. Tenet

Film yang baru dirilis pada tahun 2020 ini bisa dibilang sebagai salah satu yang paling fenomenal. Betapa tidak, alih-alih menggunakan miniatur ataupun green screen, film Tenet yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini justru menggunakan pesawat Boeing 747 bekas Cathay Pacific untuk ditabrakkan ke sebuah hanggar, meledak, dan terbakar.

5. Sully: Miracle On The Hudson

Film yang pada tahun 2016 tentu menjadi salah satu film tentang pesawat yang paling dikenal di masyarakat luas, khususnya pecinta penerbangan. Meski film yang diangkat dari kisah nyata mengenai pendaratan darurat di atas air atau ditching oleh maskapai US Airways Flight 1549 di Sungai Hudson pada 15 Januari 2009 ini diambil di studio, tetapi, video dari peristiwa asli turut ditampilkan.

6. Tomorrow Never Dies

Film James Bond: Tomorrow Never Dies lansiran tahun 1997 yang dibintangi oleh Pierce Brosnan ini menampilkan adegan pesawat Aero Vodochody L-39 Albatross meluncur dari runway dan terbang sempurna setelah nyaris kecelakaan.

Baca juga: Tak Semudah Menontonnya, Begini Rahasia Dibalik Proses Pemilihan Film di Pesawat, Rumit!

7. Mission: Impossible – Rogue Nation

Film rilisan tahun 2015 ini menampilkan adegan berbahaya agen IMF Ethan Hunt (Tom Cruise) di pesawat A400M F-WWMZ. Disebut berbahaya, karena Tom Cruise bergelantungan di pesawat yang terbang sampai ketinggian lima ribu kaki. Celakanya, adegan ini harus dilakukan berkali-kali dan membuat Tom Cruise hampir pingsan karenanya.

8. Casino Royale

Masih terkait film James Bond yang kali ini dibintangi oleh Daniel Craig tersebut melibatkan pesawat Boeing 747-200 British Airways dengan registrasi G-BDXJ sebetulnya tak ada yang spesial, dalam konteks adegan di pesawat. Tetapi, secara keseluruhan film ini sangat keren dan layak untuk masuk dalam daftar film favorit tentang atau yang mengambil adegan di pesawat.