Airbus Bantu AS Buat Perahu ‘Terbang’ untuk Menangkan Perlombaan Prestisius

0
Kapal Defiant rancangan Airbus masih dalam proses ujicoba untuk diperlombakan dalam kejuaraan America's Cup ke-36, di Selandia Baru, 2021 mendatang. Kapal tersebut dirproyeksikan akan 'terbang' mulus di perairan. Foto: American Magic

Raksasa teknologi di dunia, pada umumnya tidak hanya bergelut pada satu lini bisnis utamanya saja. Sebagai contoh, samsung, misalnya, selain merambah bisnis ponsel, merek-merek dagangnya juga merambah ke lini lainnya, seperti televisi, AC, dan lain sebagainya. Tak terkecuali dengan Airbus.

Baca juga: Gaet Gentex, Airbus Siap Tingkatkan Pengalaman Penumpang via Dimmable Windows

Seperti dilansir finance.yahoo.com, Kamis (23/1), belum lama ini Airbus dikabarkan membantu negeri Paman Sam dalam merancang kapal layar tangguh dan cepat, dengan sentuhan teknologi canggih yang mereka miliki. Kapal yang dirancang Airbus tersebut nantinya akan digunakan dalam kejuaraan Piala Amerika atau America’s Cup ke-36 di Waitemata Harbour, Selandia Baru.

Amerika memang tidak main-main untuk menatap kejuaraan yang akan dihelat pada 6-21 Maret 2021 tersebut. Pasalnya, Amerika (yang telah merajai kompetisi olahraga tertua di dunia itu) selama 132 tahun, telah dipecundangi pada kejuaraan sebelumnya oleh salah satu pesaingnya dari Selandia Baru, yakni dari tim Emirates Team New Zealand (ETNZ). Maka dari itu, tak heran bila Amerika, melalui tim New York Yacht Club (NYYC), menggandeng produsen pesawat asal Perancis itu.

Keputusan NYYC untuk menggandeng Airbus juga tak lepas dari buruknya performa kapal mereka sebelumnya, Defiant. Kapal yang menjadi biang keladi dipecundanginya Amerika dalam kejuaraan America’s Cup tahun 2017 lalu itu, gagal melaju mulus di atas air saat menyentuh kecepatan 50 mph atau hampir 90 kilometer per jam. Itu jugalah salah satu alasan mereka menggandeng insinyur penerbangan Airbus, semata-mata untuk mengaplikasikan teknologi penerbangan agar perahu NYYC nantinya dapat ‘terbang’ mulus di atas air. Saat ini, kapal AM38 rancangan insinyurAirbus tersebut masih terus diujicoba.

Baca juga: Ambil Langkah ‘Terbalik’ dengan Boeing, Airbus Akuisisi MTM Robotics

Sebagai informasi, Selandia Baru, sebagai pemenang America’s Cup ke-35 di perairan Great Sound, Bermuda, Pesisir Carolina, Amerika Serikat, mereka berhak untuk memilih tempat selanjutnya. Di samping itu, mereka juga berhak untuk bertanggungjawab penuh terhadap gelaran America’s Cup ke-36. Termasuk menentukan spesifikasi perahu yang akan diperlombakan nanti.

Selandia Baru, sebagai juara bertahan, akan ditantang oleh tiga tim lainnya, yakni NYYC (Amerika), tim Luna Rossa Prada Pirelli (Italia), dan tim INEOS (Inggris). Sebelum mereka bertarung habis-habisan pada gelaran America’s Cup ke-36, mereka terlebih dahulu akan melalui seri kejuaraan lainnya sebagai pemanasan, yakni di Italia, Eropa, dan Selandia Baru.

Leave a Reply