Ambil Foto Menara Eiffel di Malam Hari = Ilegal!

0
Sumber: travelandleisure.com

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Paris? Mungkin sebagian besar dari Anda akan langsung mengingat salah satu keajaiban dunia yang ada di sini, ya Menara Eiffel. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit para pelancong, maka tidak heran jika di sekitaran menara ini banyak orang yang mendokumentasikan momen prestisius ini. Tapi tahukah Anda bahwasanya Anda tidak diijinkan untuk mempublikasikan foto atau video Menara Eiffel pada malam hari? Loh, kok bisa?

Baca Juga: Priiit..! Dilarang Selfie di Tempat-Tempat Berikut Ini

Sebagaimana yang disarikan KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, adapun alasan dibalik pelarangan ini adalah undang-undang hak cipta Perancis. Ditambah lagi statemen yang dicetuskan oleh sebuah perusahaan yang mengelola Menara Eiffel, Société d’Exploitation de la Tour Eiffel, yang melarang keras mempublikasikan Menara Eiffel kala malam hari.

“Namun perlu izin yang harus diperoleh dari Société d’Exploitation de la Tour Eiffel untuk mempublikasi foto Menara Eiffel yang dihiasi lampu pada malam hari,” tutur salah satu karyawan di perusahaan itu, dikutip dari laman brilio.net.

Ya, memang Menara Eiffel merupakan sarana yang terbuka untuk umum. Para pengunjung diperbolehkan mengabadikan momen sebanyak mungkin dikala siang hari dan mempublikasikannya. Namun jangan harap Anda dapat mempublikasikan satu foto atau video yang menunjukkan keindahan Menara Eiffel pada malam hari, karena hal tersebut dinilai ilegal.

Dikarenakan Perancis menganut peraturan yang memberikan hak eksklusif terhadap seseorang atas karya seni yang dia buat, maka inilah yang menjadi landasan undang-undang tersebut. Setiap malam, Menara Eiffel menampilkan pertunjukan lampu yang dipasang oleh Pierre Bideau pada tahun 1985. Atas hasil karyanya, Pierre dianugerahi hak cipta yang berdampak pada pelarangan kepada semua pelancong untuk mempublikasi pemandangan Menara Eiffel pada malam hari. Sederhananya seperti itu.

Baca Juga: Disebut Ilegal, Layanan Uber Dicabut di Tel Aviv

Selain terbentur soal undang-undang, pertunjukan lampu di Menara Eiffel bukanlah lagi menjadi suatu hal yang indah manakala diabadikan dengan menggunakan kamera. Ini dikarenakan fisik Menara Eiffel yang berupa kerangka, sehingga hanya indah untuk dipandang mata saja. Namun jika Anda tetap bersikukuh untuk mengabadikan momen pertunjukan lampu di sana, tetap jadikan hasilnya sebagai dokumentasi pribadi saja dan tidak untuk dipublikasikan.

Leave a Reply