Bandara London dan YouGov Survei 2000 Penumpang dan Temukan Beragam Masalah

ilustrasi antrian penumpang di bandara. Sumber: v-count.com

Pebisnis dan pelancong banyak yang memilih menggunakan pesawat untuk bepergian. Hal ini dirasa lebih menghemat waktu dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh. Apalagi jika dengan kendaraan darat bisa memakan waktu lebih lama dari penerbangan.

Baca juga: Uji Pemindai “Walk Through,” Bandara Cardiff Jamin Potong Antrean Plus Tingkatkan Keamanan

Namun, ternyata bandara tempat penumpang menunggu keberangkatan pesawat mereka menjadi salah satu yang bisa menganggu. Pasalnya penumpang pesawat yang ada di bandara dari mulai masuk hingga mengantri di pemeriksaan keamanan memiliki tingkat stres yang cukup tinggi bila masa liburan tiba, bahkan ada penumpang yang lupa berperilaku semestinya jika sudah frustasi.

KabarPenumpang.com melansir laman express.co.uk (11/12/2018), dikarenakan tingkat stres dan frustasi yang tinggi membuat Bandara London Stansted dan YouGov melakukan survei pada dua ribu penumpang Inggris untuk mencari tahu kebiasaan penumpang bandara yang paling menjengkelkan. Di urutan pertama dengan persentasi 57 persen, mereka jengkel jika ada penumpang lain yang tiba-tiba saja melompat antrean alias terburu-buru sehingga menyerobot agar tidak tertinggal pesawat.

Urutan kedua adalah penumpang yang sering meletakkan tas atau barang bawaan lainnya di atas kursi. Sebanyak 41 persen penumpang yang disurvei mengatakan, hal tersebut sangat dibenci karena membuat orang lain tidak bisa duduk.

Ada 38 persen atau di urutan ketiga adalah proses yang lambat. Dimana penumpang merasa frustasi dengan pelancong lain yang tidak memiliki kelengkapan dokumen dan membuat yang lainnya ikut tertahan. Sedangkan untuk mengepak kembali tas mereka karena diperiksa saat antrean menahan penumpang lain dan ini sebanyak 34 persen penumpang merasa kesal.

Sebanyak 29 persen penumpang yang marah karena pelancong terburu-buru dan ingin bertemu orang di bandara. Sedangkan 25 persen dikecewakan karena gagal menumpuk nampan mereka setelah melalui keamanan bandara. Tujuh belas persen kesal karena tetap membawa barang-barang yang memicu detektor logam berbunyi di pakaian mereka dan ini membuat penumpang lainnya mau tak mau menunggu hingga selesai pemeriksaan.

Tiga belas persen lainnya kesal dengan orang-orang yang antre di gerbang sebelum penerbangan bahkan belum ada pemanggilan untuk masuk ke dalam pesawat. Yang terakhir adalah dimana penumpang tidak sengaja salah mengambil tas. Menurut staf bandara, bukan hanya sesama penumpang yang menemukan hal aneh, sebab mereka juga kerap kali menemukan sesuatu yang tak terduga.

Baca juga: Survei: Pelancong Bisnis Lebih Betah Berada di Bandara Ketimbang Stasiun!

Dimana ada hewan dan amunisi senjata yang mirip dengan abu manusia serta kembang api. Bahkan pernah ada petugas bandara yang menemukan seekor laba-laba hidup dalam tas penumpang.

“Penumpang itu tidak tahu ada laba-laba di tasnya. Saat dibuka laba-laba itu keluar dan merayap,” ujar seorang petugas.