Banyak Peminat, KA Galunggung Kini Punya Tarif Rp35 Ribu

Warga Tasikmalaya yang mau ke Bandung atau sebaliknya kini bisa terhubung dengan kereta api yang ditempuh dengan waktu 2 jam 30 menit. Kereta yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini bernama Galunggung.

Baca juga: PT KAI Perpanjang Tarif Promo KA Galunggung

Kalau pernah dengar, nama kereta ini diambil dari sebuah gunung di kabupaten Tasikmalaya yakni Gunung Galunggung. Kereta ini sendiri merupakan kereta api lokal jarak menegah yang menggunakan rangkaian kereta Kahuripan.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kereta api ini sudah mulai beroperasi sejak 26 Desember 2018 lalu dan tujuan kehadirannya untuk memudahkan masyarakat Priyangan Timur. Karena sebelumnya kereta api yang melayani relasi ini hanya kereta jarak jauh.

Kereta Galunggung akan berhenti di delapan stasiun dari arah Bandung dan tujuh stasiun dari arah Tasikmalaya. Stasiun yang disinggahi Kereta Galunggung yakni Stasiun Rancaekek, Cicalengka, Leles, Cibatu dan Cipeundeuy.

Dari awal beroperasi hingga 25 Januari 2019 kemarin atau selama sebulan, PT KAI bahkan mengratiskan tiketnya. Namun tiket ini hanya bisa dibeli langsung di stasiun yang dilintasi kereta api Galunggung dan bisa dipesan H-7 keberangkatan.

Ternyata KA Galunggung ini memiliki peminat yang sangat besar, apalagi kehadirannya juga bersamaan dengan KA Pangandaran yang melayani relasi Gambir-Bandung-Banjar. Rata-rata okupansi KA Galunggung saja mencapai 89 persen dari kapasitas tempat duduk di relasi ini. Setelah menggratiskan, PT KAI sempat memberikan harga Rp1000 hingga Mei 2019 kemarin.

Sekarang untuk tiket kereta Galunggung relasi Kiarcondong menuju Tasikmalaya dikenakan tarif sekali jalan Rp35 ribu. Bahkan kini tiket KA Galunggung sudah bisa dipesan melalui web kai.id, aplikasi KAI Access, contact center 121 dan agen resmi PT KAI maupun langsung di stasiun.

Baca juga: KA Galunggung Rute Kiaracondong-Tasikmalaya Mulai Beroperasi

KA Galunggung akan berangkat setiap hari dari Stasiun Kiaracondong pukul 06.05 WIB dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25 WIB. Sedangkan dari Tasikmalaya pukul 10.35 dan tiba di Kiaracondong pukul 14.11.