Body Shaming di Pesawat, Wanita ini Dikatakan Punya Berat Dua Ton

Katie Kiacz. Sumber: news.com.au

Seorang wanita turun meramaikan jejaring sosial Facebook dengan sebuah unggahan surat terbuka yang ditujukan kepada seorang pria yang diduga mempermalukan dirinya dalam sebuah penerbangan Delta Airlines pada pertengahan Januari 2019 kemarin. Di dalam unggahan yang sudah dihapus tersebut, seorang penumpang yang bernama Katie Kiacz bercerita bahwa seorang penumpang pria telah melontarkan ujaran yang mengandung body shaming kepada dirinya.

Baca Juga: Pilu! Inilah Curhatan Savannah Phillips, Penumpang Pesawat yang di Bully Karena Tubuhnya

Cerita ini berawal ketika Katie tengah berada dalam penerbangan dari Orlando menuju Detroit dengan menggunakan maskapai asal Negeri Paman Sam, Delta Airlines. Ketika tengah mengudara, ia melihat seorang pria yang tidak ia kenal sedang menulis pesan teks kepada rekannya yang berisikan ‘hinaan’ terhadap berat badan Katie. Sekilas. Katie melihat bahasa pria ini mendeskripsikan Katie dengan sebutan ‘wanita dua ton’.

“Kepada pria yang berada di dalam penerbangan Delta Airlines Flight DL1723, Anda telah menyebut saya sebagai ‘wanita dua ton’ dan memberi tahu rekan Anda melalui pesan teks,” tulis Katie dalam laman Facebooknya, dikutip KabarPenumpang.com dari laman news.com.au (29/1/2019).

“Tidakkah Anda tahu bahwa itu merupakan suatu hal yang buruk?” lanjut Katie kesal kepada pria yang mengejeknya tersebut.

Katie lalu mengklarifikasi kepada pria tersebut bahwa, “saya baru saja melahirkan,”

Setelah mendapatkan ‘teguran’ langsung dari Katie, pria yang disinyalir duduk di samping Katie tersebut langsung pergi ke kamar mandi lalu meminta kepada awak kabin untuk memindahkan tempat duduknya secara diam-diam.

“Saya sangat senang dia bisa pindah tempat duduk,” ujar Katie.

Alih-alih meminta maaf atau mencoba untuk mengklarifikasi ejekannya tersebut, pria ini lebih memilih untuk diam selama sisa penerbangannya menuju Detroit.

Melanjutkan pernyataan terbukanya tersebut, Katie mengatakan bahwa dirinya tidak membutuhkan klarifikasi dari si pria, atau Katie tidak akan meminta sepeserpun uang dari kocek si pria, melainkan dirinya hanya ingin publik tahu bahwa ungkapan body shaming itu sangatlah tidak baik.

Baca Juga: Inilah Beberapa Tipe Penumpang Pesawat, Anda Masuk Kategori Yang Mana?

“Jika setelah dikonfrontasi Anda masih beranggapan bahwa Anda tidak merasa bersalah, maka Anda tidak perlu meminta maaf,” tulisnya dalam pernyataan terbuka tersebut.

Di akhir cerita, Katie membubuhkan frasa, “panggil atau tegur dia,” yang ditujukan bagi para korban body shaming ketika mendengar sebuah pernyataan yang menyinggung mereka. Ia hanya ingin setiap orang untuk lebih berhati-hati sebelum berbicara.

Sebelum dihapus, unggahan Katie ini dibagikan lebih dari 102.000 kali dengan sekira 85.000 komentar yang semuanya mendukung aksi Katie dalam memerangi masalah body shaming ini.