Buka Lowongan Awak Kabin Penerbangan Haji 2019, Ini Syarat dari Garuda Indonesia

Baru-baru ini maskapai plat merah, Garuda Indonesia kembali membuka lowongan untuk awak kabin yang nantinya akan bertugas dalam penerbangan Haji 2019. Tentunya syarat perekrutan untuk pramugari Haji sendiri berbeda dari awak kabin penerbangan biasanya.

Baca juga: Mau Jadi Awak Kabin? Standar Tinggi Badan Masih Jadi Syarat Utama!

KabarPenumpang.com mendapatkan lembar pengumuman yang diunggah akun Instagram @cpnsindonesia, Garuda Indonesia membuka lowongan awak kabin Haji 2019 yang terbagi dalam dua kategori yakni reccurent dan requalification.

Apa saja sih syarat umum untuk seorang awak kabin penerbangan Haji 2019? Ternyata yang wajib adalah calon awak kabin harus beragama Islam dikarenakan salah satu tujuan penerbangan adalah Madinah. Memiliki tinggi 165-178 cm untuk pria dan 158-172 cm untuk wanita dengan berat badan proporsional.

Untuk wanita, bersedia tidak sedang hamil selama terikat perjanjian kerja. Memiliki paspor dengan nama yang terdiri dari minimal tiga suku kata dan berlaku sampai degan April 2020. Setiap awak kabin bersedia ditempatkan diseluruh embarkasi penerbangan Haji PT Garuda Indonesia yakni Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Lombok, Balikpapan dan Makassar.

Pendaftaran dilakukan melalui website career.garuda-indonesia.com dengan melampirkan dokumen pendukung. Selain itu hal-hal lain yang perlu dipersiapkan selama proses seleksi adalah sebagai berikut copy SKCK dari Polres (asli), surat ijin suami/istri/orangtua (yang berstatus single), copy suat nikah/akte cerai, surat keterangan belum pernah menikah dari kelurahan (bagi yang belum menikah), surat ijin dari persatuan istri tempat suami bekerja, apabila suaminya Polisi/ABRI, copy akte kelahiran, copy KK dan KTP (asli).

Selain itu copy ijazah SD, SLTP, SLTA, dan pendidikan terakhir (mohon dibawa aslinya), foto ukuran 4X6 2 lembar, background merah, materai 6000 sebanyak satu lembar, map berwarna kuning (untuk kualifikasi recurrent), map berwarna merah (untuk kualifikasi (requalification). Ada pula persyaratan Medex Rekrutmen awak kabin haji 2019, antara lain:
1. Puasa mulai pukul 22.00 malam sebelum tes penunjang medex dan tetap minum air putih.
2. 3 hari terakhir tidak munim atau makan-makanannya yang berfermentasi.
3. Bagi yang memakai alat bantu (kacamata/softlense) harap dibawa saat medex
4. Membawa KTP

Baca juga: Lakukan Rekrutmen dan Tes Online, Perusahaan Kereta Api India Selamatkan Hutan

Periode pendaftaran dimulai 4 Januari 2019-11 Januari 2019. Berikutnya Periode Proses seleksi dimulai 14 Januari 2019-31 Januari 2019.
Namun para wanita yang hendak melamar juga perlu mencermati beberapa syarat khusus bagi klasifikasi Recurrent :
1. Pernah mengikuti penerbangan PT Garuda Indonesia baik reguler maupun penerbangan haji periode 2018.
2. Usia maksimal 54 tahun.
3. Memiliki FAC License (License Putih) yang validitasnya tidak kurang dari Juli 2018.
Persyaratan Klasifikasi Requalification :
1. Pernah mengikuti penerbangan PT Garuda Indonesia baik reguler maupun penerbangan haji periode 2018.
2. Usia maksimal 47 tahun
3. Memiliki FAC License (License Putih) yang validitasnya tidak kurang dari Juli 2015.