Foto Citra Satelit “Before-After” Kawah Bekas Ledakan Besar di Beirut Lebanon

0
Kawah besar bekas ledakan di Beirut Lebanon. Foto: Hussein Malla/AP

Ledakan besar di Beirut Lebanon menyisakan pilu. Ratusan nyawa melayang dan ribuan lainnya luka-luka. Tak berhenti sampai di situ, kawasan pelabuhan bekas ledakan di Lebanon rupanya juga menyisakan kawah besar. Kawah bekas ledakan di Lebanon itu memiliki diameter sekitar 124 meter, lebih besar dari diameter gudang yang diduga jadi tempat terjadinya pusat ledakan.

Baca juga: Ledakan Besar di Lebanon Bikin Bandara Lebanon Rusak Berat, Pengaruh Ke Penerbangan? Begini Kata Pengamat

Dari foto-foto kawah bekas ledakan di Lebanon hasil citra satelit milik Maxar Technologies, sebagaimana dilaporkan The Washington Post, wilayah di sekitaran pelabuhan yang semula dipenuhi dengan bangunan kini hanya terlihat berupa hamparan tanah coklat khas Timur Tengah yang dihiasi dengan puing-puing sisa ledakan.

Agar lebih jelas, berikut foto-foto before-after (sebelum dan sesudah) ledakan di Lebanon lewat citra satelit dari ketinggian sekitar 152 meter.

1. Gambaran kondisi sebelum insiden ledakan besar terjadi

Sebelum terjadi ledakan besar. Foto: Citra satelit Maxar Technologies

Menurut Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab, Gudang 12 di pelabuhan Beirut merupakan tempat penyimpanan bahan kimia amonium nitrat sebanyak 2.750 ton selama bertahun-tahun.

Bahan kimia berbahaya ini, yang biasanya digunakan untuk pupuk dan tak jarang juga ditemukan dalam bom rakitan, sebelum ledakan terjadi sedang disimpan di dekat komoditas penting, seperti gudang biji-bijian yang menyimpan cadangan biji-bijian nasional Lebanon.

Sekitar pukul 6 sore, waktu setempat, sesuatu memicu terjadinya ledakan yang kemudian menyulut api serta diikuti oleh dua ledakan besar dan awan berwarna merah di atas langit Beirut.

Menariknya, jika ledakan besar akibat bom atom Hiroshima-Nagasaki berhasil meninggalkan kawah besar berdiameter yang lebih besar dibanding diameter lubang hasil ledakan di Beirut, maka, radius dampak ledakan di Beirut jauh lebih luas mencapai puluhan kilometer, jauh lebih besar dibanding bom Hiroshima-Nagasaki yang hanya sekitar 1,2 kilometer.

2. Pasca ledakan

Pasca ledakan besar terjadi. Foto: Citra satelit Maxar Technologies

Masih dalam before-after (sebelum dan sesudah) foto citra satelit dari ketinggian sekitar 152 meter, tampak seluruh bangunan hancur akibat gelombang kejut yang dihasilkan. Meskipun demikian, citra satelit menunjukkan gedung-gedung bertingkat masih berdiri kokoh. Adapun bangunan di radius 1,6 km sejumlah bangunan tampak runtuh.

3. Kawah bekas ledakan

Kawah besar bekas ledakan di Beirut Lebanon. Foto: Hussein Malla/AP

Lubang besar bekas ledakan membuat luas daratan sedikit berkurang. Bila tak ada penanganan berarti, gudang Grain Silo yang berada persis di samping kawah bekas ledakan bisa saja ambrol akibat fondasi yang sudah tergerus bekas ledakan.

Baca juga: Sebelum Diterpa Ledakan Besar, Lebanon Tahun 60-an Pernah Jadi Destinasi Favorit Pramugari dan Pilot

4. Bangunan pergudangan

Kondisi bangunan radius 1,6 kilometer dari pusat ledakan. Foto: Bilal Hussein/AP

Secara umum, kecuali Grain Silo dan beberapa bangunan tinggi lainnya, bangunan-bangunan di kawasan pergudangan Beirut mengalami tingkat kerusakan yang cukup parah. Bahkan, sejumlah bangunan bahkan tampak seperti tak memiliki atap.

5. Reruntuhan bangunan

Warga dibantu petugas sedang mengecek sisa puing. Foto: Lorenzo Tugnoli for The Washington Post

Hingga kini belum ada laporan resmi berapa jumlah kerugian yang dihasilkan dari ledakan besar itu. Hanya saja, Gubernur Beirut memperkirakan, proses perbaikan akan menelan biaya sebesar $5 miliar.

Leave a Reply