Gelontorkan Rp17,7 Triliun, Russian Railways Hadirkan Kereta Cepat Velaro RUS

Velaro RUS atau Sapsan. Sumber: Pinterest

Perkeretaapian Rusia, Russian Railways dikabarkan baru saja memesan sejumlah kereta Velaro RUS berkecepatan tinggi yang diharapkan untuk bisa memasuki masa operasionalnya di masa yang akan datang. Velaro RUS ini sendiri merupakan kereta rakitan Siemens yang memiliki basis ICE 3M/F yang semula ditujukan untuk menunjang operasional dari Deutsche Bahn. Adapun investasi yang dilakukan oleh Russian Railways untuk menghadirkan sejumlah kereta ini mencapai €1,1 miliar atau yang setara dengan Rp17,7 triliun.

Baca Juga: Inilah 10 Kereta Tercepat di Dunia

KabarPenumpang.com mengutip dari laman railway-technology.com (10/6/2019), adapun jumlah kereta yang dipesan oleh Russian Railways berjumlah 13 unit. Sebelumnya, Russian Railways telah melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk delapan unit kereta yang sama pada tahun 2006 dan delapan lainnya lagi pada tahun 2011. Pesanan ini merupakan bagian dari kontrak kerja sama selama 30 tahun yang terjalin di antara dua perusahaan tersebut.

“Fakta yang tersaji dengan adanya pemesanan armada tambahan dari Russian Railways kepada pihak Siemens adalah terjalinnya satu kerja sama yang kuat antara dua perusahaan ini. Selain itu, tercermin juga performa Velaro rakitan kami yang kuat, dimana kereta mampu menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpangnya, dimana ini akan berimplikasi langsung pada pengalaman mereka,” ujar CEO Siemens Mobility, Sabrina Soussan.

“Velaro telah membuktikan keandalannya di Rusia setelah mengular lebih dari 50 juta kilometer terhitung sejak tahun 2009 silam,” imbuhnya.

Kelak, Velaro RUS ini akan beroperasi di jalur Moskow – St. Petersburg untuk mengakomodasi penumpang di jalur sepanjang 650km ini.

Sedikit berbeda dengan kereta Velaro yang tersebar di belahan bumi lainnya, Velaro RUS ini dirancang khusus untuk mampu beroperasi di bawah suhu ekstrem khas Negeri Beruang Merah.

Baca Juga: Inilah 5 Operator Kereta Mancanegara dengan Pendapatan Spektakuler

Dikenal dengan nama Sapsan dalam bahasa lokal, kereta ini mampu mengangkut sekitar 550 penumpang maksimal dalam sekali perjalanannya.

Menambahkan pernyataan dari Sabrina, Presiden dan CEO dari Siemens, Joe Kaeser mengatakan, “kami akan terus bekerja sama untuk memperluas jaringan ini dan dengan demikian kami secara langsung akan memberikan kontribusi penting dalam pengembangan infrastruktur modern di Rusia dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas di negara ini.”