Grab Hadirkan Robot Runner untuk Antar Makanan ke Titik Kumpul

0
Grab robot runner

Mengurangi pelayan menusia, super app Grab Singapura bersama dengan Lendlease melakukan inovasi menggunakan robot untuk memudahkan pesanan makan di restoran. Layanan autopilot tersebut bernama robot runner dan memulai uji cobanya di Paya Lebar Quarter Mall mulai pertengahan Juni 2021.

Baca juga: Bandara Minneapolis Hadirkan “Gita,” Robot Pengantar Makanan ke Pelancong

Robot tersebut akan membantu dalam mengatar pesanan restoran yang bermitra dengan Grab di beberapa restoran di dalam mall. KabarPenumpang.com mengutip wartakota.tribunnews.com, kehadiran robot runner mitra pengiriman Grab diproyeksikan dapat menghemat waktu lima hingga 15 menit dari waktu yang biasa dibutuhkan dalam melayani pesanan.

Bahkan sebelum kehadiran robot runner, Grab sudah mengenalkan fitur mix-and-match ke beberapa mall di Singapura tahun lalu. Kemudian ini menjadi populer di kalangan konsumen karena bisa memesan dari berbagai restoran di dalam mall dan hanya membayar satu biaya pengiriman.

“Lendlease bangga bermitra dengan Grab dalam proyek percontohan yang menggunakan teknologi untuk memfasilitasi layanan pesan-antar makanan yang lebih aman dan lebih cepat. Dengan lokasi sentral bagi pengendara Grab untuk mengambil pesanan dan penggunaan teknologi untuk mengelola alur kerja logistik, kami akan dapat meminimalkan kontak antar-orang dan melakukan bagian kami untuk menjaga kesejahteraan pengendara, penyewa, dan pelanggan,” kata Audrey Balakrishnan, Manajer Umum, Paya Lebar Quarter dilansir dari laman resmi Grab.

Managing Director Grab Singapore Yee Wee Tanga mengatakan, teknologi Robot Runner ini akan menunjang operasional restroan di dalam Mall. Berkat teknologi ini, diharapkan mitra Grab aman mencapai solusi untuk bisnis dan kolaborasi teknologi yang baik.

“Sebagai platform teknologi yang melayani konsumen, pedagang, dan pengendara pengiriman, kami terus mencari solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengiriman secara keseluruhan untuk semua pihak. Saya bersyukur bahwa Lendlease berbagi rasa lapar yang sama untuk membuat terobosan baru melalui teknologi yang mendalam dan sangat mendukung uji coba ini. Saya yakin ini akan memberi kami pembelajaran yang baik untuk iterasi di masa mendatang dan kami berharap dapat memiliki lebih banyak mitra yang bereksperimen dan mencoba solusi baru bersama kami,” kata Yee Wee Tang.

Grab Robot Runner dirancang dalam kemitraan dengan Techmetics Robotics yang berspesialisasi dalam merancang berbagai robot seluler otonomus. Robot rancangan Grab ini memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungannya melalui kecerdasan buatan (AI) dan mengoptimalkannya untuk efisiensi maksimum.

Robot ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sensor Light Detection and Ranging (LIDAR) built-in untuk mendeteksi rintangan yang masuk. Bahkan notifikasi pesan suara otomatis akan memberi tahu pembeli tentang keberadaannya dan kemampuan untuk memindai dan memantau jarak terdekatnya secara real time untuk menghindari rintangan mendadak dan mencegah insiden tabrakan.

“Karena kebersihan sangat penting bagi Grab dan konsumen kami, gerobak makanan pada pelari robot akan dilengkapi dengan kunci kombinasi. Kombinasi tersebut akan diberikan hanya kepada merchant yang berpartisipasi dan staf Grab yang berjaga di lokasi pengambilan, untuk mencegah gangguan oleh orang yang lewat,“ ujar Yee Wee Tang.

Baca juga: Akhirnya Robot Pembuat Mie Soba Mulai Beroperasi di Stasiun Jepang

Selama fase uji coba, robot runner ini berpotensi melayani hingga 35 merchant GrabFood dan GrabMart di basement dua PLQ Mall dan mengangkut sekitar lebih dari 250 pesanan per hari.