Ikuti Perkembangan Jaman, Kereta-Kereta Ini Pasang Teknologi Teranyar

Sumber: railb2b.com

Selain membawa dampak terhadap kehidupan sehari-hari, perkembangan jaman dewasa ini juga membawa dampak terhadap dunia transportasi di seluruh belahan dunia. Terpasangnya sejumlah teknologi mutakhir pada moda transportasi baik darat, laut, maupun udara seakan menjadi sinyal telah masuknya era modern pada sarana penunjang kebutuhan masyarakat tersebut. Dibawah ini, KabarPenumpang.com akan menyajikan beberapa moda transportasi dengan teknologi terbaru, dan tentu saja termutakhir.

GE Evolution Series

Sumber: hppinsight.com
Sumber: hppinsight.com

Merupakan salah satu lokomotif diesel keluaran teranyar dari General Electric Transportation (GE Transportation). Lokomotif ini pertama diciptakan pada tahun 2003 dan mulai diproduksi masal 2 tahun berselang. Ini merupakan suksesor dari pendahulunya, yaitu GE’s Dash 9 dan beberapa model dari seri AC4400CW. Selain dioperasikan oleh lebih dari 10 negara, lokomotif ini juga telah diproduksi hampir lebih dari 3700 unit sejak dirilis. Beberapa teknologi yang terpasang pada lokomotif ini seperti hybrid air-to-air cooling systems, consolidated control architecture, dan superior dynamic breaking menjadikannya sebuah lokomotif yang mampu meredam produksi NOx hingga lebih dari 40%, hemat bahan bakar hingga 3%, overhaul mesin lebih lama, dan waktu pengoperasian kereta hingga 184 hari sebelum masa perbaikan.

Lokomotif yang diberi nama GEVO ini memiliki beberapa model, dimana setiap modelnya memiliki kecepatan yang berbeda-beda, yaitu ES40DC (Evolution Series, 4000 HP, DC traction), ES44DC (Evolution Series, 4400 HP, DC traction), ES44AC (Evolution Series, 4400 HP, AC traction), ES44C4 (Evolution Series, 4400 HP, C-C wheel arrangement, 4 traction motors), ES44DCi/ES44ACi (Evolution Series, 4400 horsepower, DC traction, i (international)), dan ET44AC/ET44C4 (Evolution Series Tier 4, 4400 HP, AC traction).

ICE

Sumber: eurail.com
Sumber: eurail.com

Inter-City Express atau yang biasa disingkat ICE ini merupakan salah satu rangkaian kereta utama yang hingga saat ini digunakan oleh Jerman. ICE tidak hanya menghubungkan beberapa titik-titik penting di Jerman, tapi juga menjangkau negara-negara lain yang berada di dekat Jerman, seperti Belgia, Belanda, dan Austria. Selain itu, ICE juga digunakan oleh beberapa negara lain, seperti Swiss dan Austria. Sebenarnya, ICE sudah mulai beroperasi sejak tahun 1971, namun seiring berjalannya waktu, pihak ICE turut mengikuti arus perkembangan jaman dan tetap melayani para penumpangnya.

Berbeda dengan GE Evolution Series yang memiliki teknologi tinggi pada lokomotifnya, ICE memiliki teknologi yang lebih berpihak pada para penumpangnya. Sebagai informasi tambahan, kereta ini terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas satu dan dua. Pada kereta kelas satu, penumpang akan menemukan kursi yang lengkap dengan reclining seat, audio sistem yang terpisah, BD lounge yang dapat digunakan untuk bekerja, video screen, soket listrik yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya gadget Anda, hingga sebuah bar yang menyediakan makanan ringan yang dapat dinikmati oleh para penumpangnya. Bagi Anda yang berencana untuk menikmati perjalanan dengan menggunakan kereta ini, pemesanan tiket sudah dapat dilakukan hingga 92 hari sebelum tanggal pemberangkatan.

VR Group

Sumber: vr.fi
Sumber: vr.fi

VR Group merupakan sebuah perusahaan kereta api yang dikelola oleh negara, yang berasal dari Finlandia. Selain melayani perjalanan untuk penumpang, VR Group juga melayani jasa pengiriman barang. Perusahaan ini mulai berdiri pada awal tahun 1970-an dan pada awal kehadirannya, VR Group memproduksi kereta lokomotif bertenaga uap.

Seiring perkembangan jaman, VR Group berkolaborasi dengan Siemens dalam menciptakan sebuah kereta listrik yang dapat menempuh jarak hingga 6000km per-harinya. Dengan menggunakan mesin diesel sebagai daya tambahan, kereta listrik miliki VR Group ini mampu mengemisikan sekitar 20% karbon yang dihasilkan dari rel diesel dan menjadikannya salah satu kereta dengan standar tertinggi dalam dunia perkereta-apian dewasa ini.