India Pamerkan Prototipe Taksi Terbang Otonom Pertama

0
Konsep taksi terbang Vinata Aeromobility. Foto: DNA India

Taksi terbang mulai diuji cobakan di berbagai negara dan India menjadi salah satu negara yang juga mulai mengembangkannya. Hal ini terlihat dari perusahaan mobil terbang perintis India, Vinata Aeromobility yang memamerkan prototipe pertamanya.

Baca juga: Korea Selatan Berencana Luncurkan Taksi Terbang di 2025

Nantinya taksi terbang itu akan dilengkapi dua tempat duduk yang pengoperasiannya secara otonom di mana saat lepas landas dan mendarat sama seperti yang lainnya yakni secara vertikal. Dilansir KabarPenumpang.com dari cardekho.com (7/10/2021), taksi terbang ini memiliki powertrain hibrida biofuel listrik yang unik dan dilengkapi dua jenis teknologi propulsi.

Setelah mereka mendapat persetujuan dari Kementerian Penerbangan Sipil, startup ini meluncurkan konsepnya di Helitech Expo 2021 di Inggris. Untuk membantu Anda memvisualisasikannya, pod taksi terbang ini akan seukuran sedan Maruti Ciaz.

Taksi terbang ini memiliki empat pasang rotor yang ditempatkan di setiap sudut untuk membantu Anda lepas landas dan mendarat dari permukaan atau helipad apa pun. Mereka akan ditenagai oleh baterai listrik, dan hanya akan digunakan saat lepas landas dan mendarat.

Untuk bergerak di udara, mobil terbang ini memiliki sistem propulsi bertenaga biofuel yang dari luar, tampak mirip dengan knalpot quad pada konsep hypercar terbaru Bugatti, Bolide. Di mana semuanya harus menunggu untuk melihat bagaimana mekanisme forward moving Vinata bekerja.

Dari dalam, tampaknya akan terlihat mewah dengan bahan jahitan (kain atau kulit) di jok dan pintu dan layar tampilan lebar penuh. Atap panorama sepenuhnya akan memberi Anda pemandangan sudut lebar dunia sekitar. Masuki pintu gullwing, dan Anda akan melihat kursi sport dan layar navigasi raksasa, dengan satu ventilasi udara sentral yang menampilkan strip lampu ambient.

Tujuan Vinata adalah membuat mobil terbang ini otonom. Ini mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi Anda tidak akan menjadi tua menunggu mobil terbang Vinata.

Baca juga: Taksi Udara EHang 216 Tiba di Jakarta, Taksi Udara Seaplane Hong Kong Nyusul?

Prototipe pertama akan memecahkan penutup dan, mudah-mudahan, terbang di Consumer Electronics Expo (CES) 2022. Nanti pada tahun 2023, perusahaan berharap siap untuk diproduksi. Mobil terbang Vinata dapat membantu teknologi transportasi India mengikuti perkembangan di negara lain, di mana taksi robo terbang sedang dicoba dalam skala yang lebih besar.