Tingkatkan Ekonomi Hong Kong, Jalur Kereta Baru Akan Dibangun Menuju Shenzhen

0
Ilustrasi kereta Hong Kong dengan Cina

Rencana pemerintah Hong Kong untuk membangun jaringan kereta api baru dengan Cina daratan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi di utara kota dan melanjutkan integrasi dengan Shenzhen. Kepala Eksekutif Carrie Lam Cheng Yuet-ngor menguraikan lima proyek kereta api untuk melengkapi pengembangan Metropolis Utara yang diusulkan seperti pusat ekonomi, infrastruktur dan TI di luar batas administratif Hong Kong serta Shenzhen.

Baca juga: Disneyland Resort Line Hong Kong, Kereta Khusus dengan Nuansa Mickey Mouse

Berdasarkan rencana tersebut, jalur kereta api akan dibangun menghubungkan Hung Shui Kiu di Yuen Long ke Qianhai di Shenzhen untuk memenuhi perluasan delapan kali lipat Qianhai yang baru diumumkan. Anggota parlemen Ben Chan Han-pan mengemukakan kekhawatiran bahwa MTR Corporation akan kelebihan beban dengan tujuh proyek yang sedang berlangsung dan diusulkan yang diuraikan dalam pidato Lam.

Lam mengatakan kereta api dari Hung Shui Kiu ke Qianhai dapat disiapkan untuk penawaran umum, daripada hanya memberikan proyek tersebut kepada satu-satunya operator kereta api di kota itu.

“Untuk memastikan bahwa infrastruktur transportasi ini selesai tepat waktu dan dalam anggaran yang wajar, kami akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan persaingan kepada kontraktor yang dianggap cocok,” kata Lam yang dikutip KabarPenumpang.com dari scmp.com (7/10/2021).

Kepala eksekutif mengatakan pembangunan jalur kereta api Hung Shui Kiu ke Qianhai akan terbuka untuk persaingan, tetapi masuk akal jika MTR Corp ditugaskan untuk memperluas jaringan kereta api yang ada ke daratan. Northern Link yang direncanakan Hong Kong senilai HK$62 miliar (US$8 miliar), sebuah proyek kereta api MTR yang melayani Wilayah Baru bagian barat dan utara, juga akan diperluas untuk mencakup pusat TI Lok Ma Chau Loop dan pos pemeriksaan Huanggang yang baru.

Itu juga akan diperpanjang ke timur dari Kwu Tung untuk menghubungkan dengan daerah Lo Wu, Man Kam To dan Heung Yuen Wai, dan lebih jauh ke selatan ke Fanling, melalui Ta Kwu Ling dan Queen’s Hill. Sebuah stasiun baru akan dibangun antara stasiun Lo Wu dan stasiun Sheung Shui di jalur East Rail untuk menyediakan layanan kereta api lokal guna meningkatkan pembangunan di distrik Lo Wu dan Sheung Shui.

Pemerintah juga akan menjajaki perluasan jalur East Rail ke Luohu, di Shenzhen, dan penyediaan pos pemeriksaan bersama di sana, dan kelayakan membangun sistem penggerak orang otomatis dari Tsim Bei Tsui ke Pak Nai untuk mempromosikan pengembangan daerah dan Lau Fau Shan, di mana fasilitas TI “landmark yang cukup besar” akan dibangun.

Namun, Lam tidak memberikan rincian seperti jadwal atau perkiraan biaya untuk proyek tersebut, dengan sumber pemerintah mengatakan mereka masih dalam tahap awal studi. Sumber itu mengatakan kecuali untuk jalur kereta api ke Qianhai, dan sistem penggerak orang otomatis yang diusulkan, MTR Corporation kemungkinan akan mengambil proyek yang tersisa.

Baca juga: Robot Hidrogen Peroksida Vapourised Bantu Bersihkan Kereta dan Stasiun MTR Hong Kong

Henry Cheung Nin-sang, ketua Asosiasi Profesional Transportasi Kereta Api Hong Kong, memperkirakan jalur kereta api baru ke Qianhai akan menelan biaya lebih dari HK$20 miliar. Anggota parlemen Michael Tien Puk-sun, mantan ketua Kowloon-Canton Railway Corporation, mengatakan proposal untuk memperpanjang jalur East Rail ke Shenzhen dengan stasiun baru setelah Lo Wu akan menyebabkan masuknya penumpang untuk menggunakan jalur kereta api dari perbatasan.