Ini Loh Cara Pintar Tak Perlu Bayar Bagasi Tambahan

0
ilustrasi

Banyak penumpang pesawat yang harus mengeluarkan biaya tambahan ketika bepergian menggunakan pesawat terbang berbiaya hemat. Biasanya ini dikarenakan penumpang membawa bagasi melebihi berat yang diperbolehkan. Sehingga kelebihan tersebut harus dibayarkan oleh penumpang.

Baca juga: Agar Penerbangan Nyaman, Inilah Tips Bawa Koper ke Dalam Bagasi Kabin

Untuk menghindari pembayaran biaya yang lebih dari harga tiket pesawat, penumpang bisa melakukan berbagai macam cara. Berikut ini ada beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan penumpang agar tidak membayar kelebihan biaya bagasi dan sudah dirangkum oleh KabarPenumpang.com dari smarttravel.co.

#1 Kebijakan maskapai
Sebelum bepergian, baiknya Anda sebagai penumpang tidak lupa mengecek kebijakan bagasi yang dikeluarkan oleh maskapai. Karena setiap maskapai memiliki biaya yang berbeda dan sering berubah tergantung dari tujuan, tanggal penerbangan, jumlah tas, berat dan ukuran tas. Ini bisa membuat Anda lebih jeli ketika naik penerbangan berbiaya hemat yang mana tidak lagi lerlu mengeluarkan biaya tambahan karena kelebihan bagasi.

Beberapa maskapai seperti Southwest Airlines mengizinkan dua tas bagasi gratis untuk penumpang. JetBlue mengizinkan satu tas bagasi untuk semua kelas kecuali dengan tarif termurah. Biasanya biaya kelebihan bagasi bisa mencapai $28 hingga $65 tergantung kebijakan maskapai.

#2 Gabung sebagai member
Ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi seorang penumpang meski menggunakan maskapai berbiaya hemat. Sebab dengan menjadi seorang member maskapai, Anda bisa mendapatkan bagasi gratis dan mengikuti semua program untuk member. Bahkan bila mengumpulkan point setiap bepergian, ketika jumlahnya cukup bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan lainnya ketika bepergian. Jangan lupa beberapa maskapai memberikan biaya tahunan pada para member sehingga baiknya dicek apakah sepadan dengan fasilitas yang diterima.

#3 Naik kereta
Ketika maskapai penerbangan menerapkan pembiayaan pada bagasi penumpang, kereta api memiliki hal berbeda. Kebijakan bagasi Amtrak menyatakan penumpang boleh membawa lebih dari dua koper tanpa terkena biaya. Tas tambahan yang dibawa pun akan dikenakan biaya lebih rendah yakni $20 per tas.

#4 Berat koper
Biaya kelebihan bagasi bisa lebih mahal dibandingkan dengan biaya dasar untuk bagasi terdaftar. Seperti American Airlines yang mengeluarkan biaya $100 untuk setiap bagasi terdaftar dengan berat 22,67 kg hingga 31 kg pada penerbangan domestik, atau sekitar $200 untuk barang lebih dari 31 kg. Untuk berjaga-jaga baiknya bawa timbangan portabel agar Anda bisa menimbang tas sebelum penerbangan pergi dan pulang.

#5 Kirim tas
Cara ini lebih tidak buruk karena biasanya lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikenakannmaskapai ketika Anda kelebihan bagasi. Gunakan layanan seperi FedEx, UPS dan USPS karena biaya yang dikenakan lebih standar dan terjangkau. Seperti FedEx mengenakan $62 untuk koper seberat 24,9 kg dari New York ke Chicago dengan pengiriman dalam dua hari kerja. Biaya ini lebih murah dibandingkan biaya kelebihan bagasi $100 pada beberapa maskapai besar. Dengan mengirimkan tas, Anda tak perlu repot mengantri di klaim bagasi.

#6 Tingkatkan bagasi
Penggunaan koper yang lebih ringan, bisa membuat bagasi yang akan Anda bawa tidak berlebihan. Biaya bagasi kelebihan berat, yang berlaku sekali jalan dan per tas, bisa mencapai ratusan dolar untuk beberapa perjalanan bagi penumpang yang tidak bepergian dengan ringan. Karena sebagian besar merek koper berkualitas tinggi dirancang agar ringan dan sangat tahan lama, merek ini dapat membantu pelancong yang sering bepergian menghindari biaya bagasi berlebih dari waktu ke waktu.

Baca juga: Ingin Hindari Pengeluaran Lebih Untuk Bagasi? Inilah Tips Ala Pramugari!

#7 Kemas Ringan dengan Produk Keren
Jika kesulitan memasukkan semuanya ke dalam tas jinjing, Anda mungkin memerlukan sedikit bantuan dari produk praktis seperti karung kompresi (kantong vakum), yang dapat memasukkan lebih banyak ke dalam ruang yang lebih sedikit. Atau simpan barang-barang penting di salah satu pakaian berkantong dari SCOTTeVEST, yang dirancang dengan cerdik dengan kompartemen tersembunyi yang menyimpan lebih dari yang Anda kira. Dan cari perlengkapan perjalanan yang licin dan dapat dilipat yang menghabiskan ruang koper minimal kapan pun Anda bisa; beberapa favorit saya termasuk Vapur Anti-Botol dan Bantal Travelrest tiup.

Leave a Reply