Thursday, May 30, 2024
HomeHot NewsJangan Bawa Ponsel Ketika BAB, Kuman dan Penyakit Mengintai

Jangan Bawa Ponsel Ketika BAB, Kuman dan Penyakit Mengintai

Ketika buang air besar (BAB), banyak orang yang melakukan kegiatan membaca koran, komik, majalah atau memainkan ponsel mereka. Ini dilakukan demi menghabiskan waktu sembari berjongkok atau duduk di kloset.

Baca juga: Tisu Toilet di Stasiun Tokyo ‘Ingatkan’ Penumpang untuk Tak Gunakan Ponsel Ketika Berjalan

Namun, ternyata menggunakan ponsel tidaklah baik dan membuat seseorang rentan terhadap penyakit menular dan masalah kesehatan yang serius. KabarPenumpang.com menghimpun dari timesofindia.indiatimes.com ada beberapa hal efek buruk bermain ponsel ketika di toilet terlebih lagi di toilet umum.

1. Penyakit menular
Tahu kan kalau toilet atau kamar mandi adalah salah satu tempat paling banyak kuman? Ini karena kamar mandi punya banyak hal yang bisa menampung bakteri untuk tinggal. Saat Anda membawa ponsel ke toilet, Anda akan terpapar banyak kuman dan salmonella seperti bakteri. Berbagai pakar kebersihan telah menyatakan keprihatinannya atas generasi milenial yang membawa tablet mereka ke toilet. Mereka mengatakan bahwa ketika Anda membersihkan bokong dengan tangan Anda sambil menjaga ponsel Anda dalam pengaturan shift dan kemudian memegang telepon lagi, bahkan mencuci tangan menjadi tidak berharga! Ini karena bakteri itu kemudian menempel di ponsel Anda, yang Anda pegang lagi setelah mencuci tangan.

2. Banyak kuman
Sebuah studi yang dilakukan peneliti Universitas Arizona menemukan bahwa ponsel akan membawa bakteri sepuluh kali lebih banyak dari toilet. Ini karena pengguna mencuci tangan mereka tetapi tidak membersihkan ponsel mereka. Sehingga kuman dan bakteri penyebab penyakit tetap menempel dan membuat Anda terinfeksi.

3. Penyakit di bagian anus
Nyatanya lama duduk atau berjongkok di kloset membuat anus bisa menyebabkan sakit. Wasir menjadi salah satunya karna duduk atau jongkok terlalu lama di kloset membuat anus tegang sehingga menyebabkan nyeri, pembengkakakn atau pendarahan di daerah panggul.

4,Picu kecemasan
Teknologi telah membuat hidup kita sangat mudah, tetapi juga menjadi alasan untuk kecemasan dan stres. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin Anda cenderung merasa stres. Waktu kamar mandi Anda adalah waktu luang Anda dan saat Anda membawa ponsel ke sana, Anda mengundang lebih banyak stres dan kecemasan ke dalam hidup Anda. Dengan membawa ponsel Anda di kamar mandi, Anda menempatkan otak dan kesehatan Anda dalam bahaya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan buang air besar karena hal ini.

Baca juga: Meski Telat Mengadopsi Tangki Limbah, Kereta Greater Anglia di Inggris Kini Dilengkapi Toilet Canggih

Sepertinya, bila Anda masih melakukan hal ini, urungkan dan tinggalkan. Selain itu usahakan bila buang air besar setelah selesai langsung keluar agar tidak menghabiskan banyak waktu. Bahkan para ahli merekomendasikan bahwa seseorang tidak boleh menghabiskan lebih dari sepuluh menit di toilet. Ini jumlah waktu yang sehat untuk tinggal di toilet.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru