KA Argo Jati Layani Penumpang dari Jakarta ke Cirebon Sejak 14 Tahun Lalu

0
KA Argo Jati (dolanyok.com)

Melancong ke Cirebon menggunakan kereta api? Rasanya ini salah satu cara yang bisa dipilih oleh pelancong untuk menikmati pemandangan. Banyak kereta api jarak jauh yang melintasi kota Cirebon ini dan berhenti di Stasiun Cirebon.

Baca juga: Kereta Api Ekspress Gunung Jati “Jakarta-Cirebon” Hanya Bertahan 20 Tahun

Namun ada satu kereta jarak jauh yang khusus mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju ke Cirebon. KabarPenumpang.com menghimpun berbagai laman sumber, kereta ini adalah Kereta Api Argo Jati yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Ini merupakan kereta api kelas eksekutif dalam Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon.

Beroperasi sejak tahun 2005 dengan nama KA Cirebon Express Utama yang kemudian berganti menjadi KA Argo Jati sejak 12 April 2007. Dalam operasionalnya, KA Argo Jati melayani penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir menuju ke Stasiun Cirebon Kejaksaan.

Perjalanannya sendiri dua kali dalam sehari pergi pulang setiap harinya. Sedangkan khusus akhir pekan, KA Argo Jati melayani perjalanan sebanyak satu kali dalam sehari. Yang mana dalam operasional khusus tersebut menggunakan kereta fakultatif.

KA Argo Jati Fakultatif sendiri dioperasikan oleh Daop 1 Jakarta. Dengan kapasitas 50 penumpang per gerbong, KA Argo Jati mampu membawa hingga 350-450 penumpang setiap hari. Namun, karena masa pandemi mengikuti ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan terkait perjalanan penumpang.

Perjalanan KA Argo Jati dari Jakarta ke Cirebon (atau sebaliknya) akan menempuh jarak 214 km dengan waktu kurang lebih tiga jam. Sepanjang perjalanan ini, KA Argo Jati hanya akan berhenti di tiga stasiun, yakni Stasiun Jatibarang, Stasiun Bekasi dan Stasiun Jatinegara.

KA Argo Jati Reguler dari Cirebon biasanya berangkat pagi pukul 05.25 dan siang pukul 13.50. Sementara itu, KA Argo Jati Reguler dari Jakarta biasanya berangkat pagi pukul 09.00 dan sore pukul 17.20. Untuk perjalanan di akhir pekan, KA Argo Jati Fakultatif berangkat dari Cirebon pukul 11.00 siang dan dari Jakarta pukul 07.15 pagi.

Tiket kereta untuk rute ini ditawarkan dengan harga kisaran Rp125 ribu, Rp140 ribu, Rp160 ribu dan Rp185 ribu per orang, tergantung dengan tempat duduk, subkelas kereta yang Anda pilih, serta waktu pemesanan tiket dan hari keberangkatan kereta. Sebagai kereta kelas eksekutif, KA Argo Jati menawarkan fasilitas khas kereta Argo.

Kereta ini memiliki gerbong penumpang yang lengkap dengan AC, toilet, dan hiburan audio-video melalui TV LCD. Tempat duduk penumpang terbuat dari kulit dan dapat diatur posisi sandarannya. Setiap tempat duduk turut didukung oleh pijakan kaki, bantal, selimut, meja lipat, lampu baca, colokan listrik dan bagasi ala pesawat.

Baca juga: Pernah Ada, Jalur Cirebon ke Kadipaten Hilang dan Hampir Sukar Dilacak

Area bagasi yang lebih luas tersedia di bagian ujung kereta. KA Argo Jati juga menyediakan koneksi WiFi di kereta makan serta ruang merokok khusus. Kereta yang sudah berusia satu dekade lebih ini juga menyediakan fasilitas ramah difabel.

Leave a Reply