Saturday, August 13, 2022
HomeDestinasiKA Kedung Sepur - Harga Tarif Lokal, Namun Interior Rasa Eksekutif

KA Kedung Sepur – Harga Tarif Lokal, Namun Interior Rasa Eksekutif

Bagi Anda ingin bepergian dengan kereta api ke arah utara Pulau Jawa, cobalah untuk mampir ke Kota Semarang. Selain terkenal dengan bangunan stasiunnya yang bersejarah, Semarang juga memiliki transportasi kereta api lokal dengan keunikan tersendiri. Perkenalkan dengan kereta yang satu ini, yaitu KA Kedung Sepur. Nama Kedung Sepur (Kedung Sapur) diambil dari istilah umum yang merupakan singkatan dari beberapa nama wilayah otonom di eks-keresidenan Semarang terdiri dari Kendal, Demak, Ungaran (ibu kota Kabupaten Semarang), Kota Salatiga, dan Purwodadi (ibu kota Kabupaten Grobogan) dengan Kota Semarang sebagai kota intinya.

Baca juga: KA Komuter Jawa Tengah – Yogyakarta Bakal Mengular Sebentar Lagi

KA Kedung Sepur merupaka rangkaian kereta bertenaga diesel hidrolik dan juga satu – satunya rangkaian masih digunakan untuk mengangkut penumpang. Karena keberadaan kereta jenis ini sudah tak ada lagi untuk angkutan penumpang, yang ada hanya digunakan untuk rangkaian khusus seperti kereta medis yang membantu sebagai rumah sakit keliling.

Kedung Sepur dioperasikan pada tanggal 28 September 2014 atau bertepatan saat ulang tahun PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dengan warna dominan biru putih, rangkaian KA Kedung Sepur terdiri dari 4 unit kereta dan hanya memiliki satu rangkaian saja. Rangkaian Kedung Sepur merupakan rangkaian jenis Kereta Rel Diesel (KRD) MCW yaitu Kereta Rel Diesel Hidrolik (KRDH) kelas eksekutif, bisnis non-AC (berkode MBW), dan ekonomi non-AC yang diproduksi oleh Nippon Sharyo Co., Ltd., Jepang sejak tahun 1976 hingga tahun 1987. Maka dari itu, tak heran KRD jenis ini masih di pertahankan dan masih beroperasi di wilayah Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang.

Tak hanya mesinnya bertenaga diesel, KA Kedung Sepur merupakan rangkaian kereta lokal namun memiliki interior bak kelas elsekutif. Ya, dengan harga Rp10.000 saja penumpang yang naik kereta ini dimanjakan dengan fasilitas kursi layaknya kelas eksekutif. Dengan corak warna kursi biru putih dan pendingin udara yang super sejuk, membuat penumpang merasa nyaman saat iklim kawasan Semarang yang dominan panas ini.

Baca juga: KA Komuter Prameks, Rencana Hingga Ke Sragen dan Pembangunan Jalur Listrik Yogya-Solo

Selain itu kursi yang bisa diduduki juga bisa diatur kemiringan dalam sandaran. Bahkan kemiringan hampir bisa menyentuh posisi terlentang. Dengan durasi perjalanan 1 jam 33 menit, KA Kedung Sepur mengantarkan penumpang dari kota ke pedesaan di Kabupaten Semarang. Atau hanya sekedar merasakan pulang pergi pun bisa. Karena kereta ini melayani perjalanan 4 kali, yaitu 2 kali dari Stasiun Semarang Poncol dan 2 kali dari Stasiun Ngrombo. Untuk melihat jadwal atau sekaligus pemesanan, Anda tentu bisa melalui loket pembelian langsung atau bisa memesan melalui aplikasi KAI Access yang tersedia. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru