Karena Alasan Medis, Jetstar JQ127 Tujuan Bali Terpaksa Mendarat Darurat

Pesawat Jetstar Airbus A320 dengan nomor penerbangan JQ127 yang berangkat dari Adelaide ke Indonesia tepatnya tujuan ke Bali harus melakukan pendaratan darurat di Australia Barat. Ini dikarenakan ada seorang penumpang yang tiba-tiba menjadi tidak resposif.

Baca juga: Melahirkan di Dalam Pesawat, Antara Jaminan Terbang Gratis dan Isu Kewarganegaraan

KabarPenumpang.com melansir dari laman news.com.au (13/9/2017), pesawat Jetstar ini berangkat dari Bandara Adelaide pukul 08.00 waktu setempat dan akhirnya mendarat di Port Hedland pada pukul 10.50 waktu setempat saat seorang penumpang jatuh sakit. Dalam pernyataan resminya, Jetstar menyebutkan penumpang tersebut telah dipindahkan dari pesawat dan kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

“Sebuah penerbangan dari Adelaide ke Bali dialihkan hari ini setelah seorang penumpang memiliki keadaan darurat dan butuh bantuan medis. Kami mengalihkan penerbangan ke Port Hedland dan paramedis menuju ke pesawat pada saat kedatangan untuk mengangkut penumpang ke rumah sakit,” kata juru bicara Jetstar.

Sayangnya maskapai dengan biaya rendah atau low cost carrier (LCC) ini tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang identitas penumpang yang sakit. Namun setelah menurunkan penumpang sakit tersebut, pesawat Jetstar tersebut kembali berangkat ke Bali dan tiba di Denpasar pukul 13.30 waktu Bali.

Masih terkait masakapai asal Australia, pada Juli 2017, penerbangan Qantas QF1 menuju London dialihkan setelah seorang wanita mengaku hamil dan jatuh sakit. Penerbangan direncanakan menuju bandara Heathrow di London, tapi kemudian mendarat darurat di bandara Larnaca di Siprus. Pesawat Airbus A380 ini melakukan perjalanannya dari Sydney menuju Dubai pada Senin malam (11/7/2017) dan kembali melanjutkan penerbangannya setelah menurunkan penumpang wanita yang sakit tersebut.

Baca juga: Awak Kabin Bantu Melahirkan Seorang Ibu di Ketinggian 42.000 Kaki

Pada Mei 2017, pesawat Emirates juga harus melakukan pendaratan darurat saat seorang wanita hamil melahirkan anak laki-lakinya dalam penerbangan. Penumpang tersebut membuat kejutan dalam pesawat Airbus A380 yang berangkat dari Dubai. Karena kejadian ini, pesawat mau tak mau harus mendarat darurat di Larnaca, Siprus

Setelah mendarat, ibu dan bayinya kemudian ditandu ke dalam ambulans untuk diantar kerumah sakit oleh petugas medis. Kejadian ini terjadi setelah sebulan sebelumnya seorang perempuan lainnya bernama Nafi Diaby mengalami kontraksi di Turkish Airlines dan akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan di atas 42.000 kaki di usia kehamilan 28 minggu.