Kuwait Hadirkan Fasilitas Pengujian Drive-Through Covid-19 di Bandara

0
Bandara Internasional Kuwait (outlookindia.com)

Sejak 13 Maret 2020 lalu, Kuwait menangguhkan semua penerbangan komersial. Bahkan pemerintah juga menutup toko, mall dan tempat pangkas rambut dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Tak hanya itu, pemerintah Kuwait juga memberlakukan jam malam penuh di negara tersebut.

Baca juga: Bandara Gerald R Ford Tingkatkan Pembersihan Anti Corona dengan Elektrostatik

Meski sudah banyak aturan yang diterapkan negara tersebut selama pandemi Covid-19, baru-baru ini tepatnya pada hari Minggu (17/5/2020), Kuwait meluncurkan pusat pengujian virus corona drive-through di Bandara Internasional Kuwait. Pusat pengujian ini merupakan yang pertama di Kuwait dan dibuat untuk meningkatkan kemampuan pengujian Covid-19 di negara itu.

Para petugas tes virus corona (Xinhua)

KabarPenumpang.com melansir dari laman outlookindia.com (17/5/2020). Menteri Kesehatan Bassel Al-Sabah mengatakan akan membantu meningkatkan jumlah tes untuk menemukan kasus infeksi yang tidak dilaporkan. Pusat pengujian virus corona drive-through di bandara ini akan memilh secara acak sebanyak 180 warga dan penduduk untuk pengujian per harinya.

“Pusat pengujian drive-through tersebut bisa menerima mobil sebanyak 15 unit sekaligus,” kata Al-Sabah.

Dalam hal ini, kementerian kesehatan juga akan bekerja sama dengan otoritas publik untuk informasi sipil supaya mengirim pesan teks kepada invidu yang dipilih dengan perincian lengkap agar bisa melakukan pengujian. Saat ini diketahui Kuwait melaporkan ada 13.802 kasus Covid-19 dengan 107 orang meninggal.

Diketahui, pusat pengujian virus corona drive-through ini menggunakan fasilitas parkir yang diubah oleh Jazeera Airways. Mereka mengkonversi fasilitas Park & ​​Fly dalam waktu singkat untuk digunakan secara gratis oleh Departemen Kesehatan untuk melakukan tes dan pengujian Covid-19. Tim desain dan teknik Jazeera Airways mengkonfigurasi ulang fasilitas untuk mematuhi persyaratan ketat dari otoritas kesehatan setempat.

“Fasilitas Park & ​​Fly kami adalah lokasi dan skala yang ideal untuk membangun pusat pengujian dan melengkapinya dengan kebutuhan Kementerian Kesehatan. Kami sangat berterima kasih untuk dapat berkontribusi dalam segala cara untuk upaya luar biasa yang dilakukan oleh Negara Kuwait untuk memerangi virus. Aset dan sumber daya manusia kami siap membantu Kuwait,” ujar Jazeera Airways, Marwan Boodai.

Baca juga: Virus Corona Justru Bikin Bandara Terpencil Ini Jadi yang Tersibuk di Dunia

Fasilitas pengujian drive-through kedua sedang dibangun juga oleh tim Jazeera Airways di stadion nasional Jaber Al-Ahmad untuk dioperasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Leave a Reply