Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsLama “Dikandang”, Kereta Karya Anak Bangsa Akhirnya Jalan Lagi

Lama “Dikandang”, Kereta Karya Anak Bangsa Akhirnya Jalan Lagi

Ada pemandangan tak biasa di wilayah Daop 1 Jakarta. Kejadian yang jarang sekali terjadi dan yang begitu diharapkan akhirnya terwujud. Bagaimana tidak, informasi yang dibicarakan oleh penggemar kereta api wilayah Jabodetabek ini sudah ramai di media sosial mereka. Ya, uji coba rangkaian Kereta Inspeksi dan Kereta Ukur akhirnya diuji coba dijalur KA rute Jatinegara – Pasar Senen pp. Informasi terbilang mendadak ini mulai ramai di aplikasi chatting Whatsapp membicarakan soal uji coba rangkaian tersebut. Fakta atau Hoax?

Baca juga: INKA CC300, Mampu Lintasi Banjir, Inilah Lokomotif Diesel Karya Anak Bangsa 

Namun, setelah ditelaah ternyata informasi uji coba yang beredar ternyata fakta. Karena beberapa penggemar kereta api (Railfans) melihat aktifitas langsir di Depo Cipinang, Jakarta Timur dan menanyakan lintas mana yang akan dilewati. Lalu tersebarlah informasi tersebut sampai akhirnya dibeberapa sudut pinggir rel maupun di stasiun yang dilintasi uji coba kereta inspeksi tersebut Railfans sudah menyiapkan posisinya. Sekaligus menyiapkan kamera maupun ponselnya berharap dapat momen yang dijadikan koleksi pribadi.

Kereta Inspeksi Karya Anak Bangsa
Namanya momen Kereta Luar Biasa (KLB), Pasti gak akan ketinggalan terutama bagi penikmat konten kereta api. Kereta api yang diuji cobakan adalah Kereta Inspeksi bertenaga diesel dan juga lokomotif asli buatan Anak Bangsa Indonesia. Kelud merupakan nama gunung di Jawa Timur ini yang dinamai pada Kereta Inspeksi tersebut. Selain Kereta Inspeksi Kelud ada juga Kereta Ukur Galunggung yang juga merupakan nama gunung di Jawa Barat. Rangkaian uji coba berikutnya adalah Lokomotif dengan nomor seri CC 300 yang juga merupakan Karya Anak Bangsa.

Kereta Ukur Galunggung (SU 3 16 01) tiba di Stasiun Pasar Senen. (Foto: Sendy Prasetya)

Kereta dan lokomotif asli buatan PT INKA Madiun ini merupakan inspeksi yang biasanya dilakukan oleh Direkrorat Jendral Perkeretaapian. Atau dengan kata lain dijalankan jika ada inspeksi khusus dari Menteri Perhubungan. Sebagai informasi kereta dan lokomotif buatan INKA ini sudah lama tidak digunakan untuk inspeksi bahkan sudah setahun berdiam diri di Depo Cipinang.

Akhirnya Kembali Uji Coba
Sekian lama tidak hadir dilintas akhirnya kereta dan lokomotif ini uji coba. Uji coba tersebut melintasi rute Jatinegara – Pasar Senen. Namun, tidak sekaligus ketiganya langsung uji coba tapi satu persatu.

Kereta Inspeksi Kelud masuk jalur 5 Stasiun Pasar Senen. (Foto: Sendy Prasetya)

Uji coba pertama dilakukan dengan rangkaian Kereta Ukur Galunggung (SU 3 16 01). Kereta ukur ini berangkat dari Stasiun Jatinegara pada pukul 11.06 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 11.16 WIB. Kemudian berangkat kembali dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 11.25 WIB dan tiba di Stasiun Jatinegara 11.35 WIB.

Kemudian uji coba kedua adalah lokomotif seri CC 300 12 03 dengan membawa rangkaian Gerbong Datar (GD) dengan rute yang sama. Berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 12.18 WIB tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 11.29 WIB. Dan kembali lagi dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 12.25 WIB dan tiba di Stasiun Jatinegara pukul 13.06 WIB.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Baca juga: Ada Kereta Penggaris atau Kereta Ukur? Yuk Kenali Lebih Dekat

Dan uji coba tahap ketiga atau yang terakhir menggunakan rangkaian Kereta Inspeksi Kelud (S1 3 16 01 – S1 3 16 02). Kereta ini berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 13.50 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 14.00. Kemudian berangkat lagi dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.13 WIB dan tiba di Stasiun Jatinegara pukul 14.25 WIB. Diharapkan dengan adanya uji coba, rangkaian kereta dan lokomotif buatan asli Indonesia ini laik dan berfungsi dengan baik saat melakukan inspeksi. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru