“Laview” Express Train – Kereta Komuter Wisata dengan Jendela Berukuran Besar

0
(dezeen.com)

Melihat pemandangan sekitar jalur yang dilalui kereta dengan jelas bisa dinikmati penumpang yang bepergian dari Stasiun Ikebukuro di Tokyo menuju ke Chicibu di prefekur Saitama. Kereta dengan jendela yang besar ini dirancang oleh arsitek bernama Kazuyo Sejima.

Baca juga: Beragam Alasan Mengapa Orang Jepang Fanatik Pada Sosok Kereta

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dezeen.com (28/8/2019), Sejima merancang kereta komuter Laview ini memilih desain jendela depan kereta model lengkung dan jendela raksasa dekat kursi-kursi penumpang.

(dezeen.com)

“Ini pertama kalinya saya mendesain kereta dan perbedaan yang paling jelas dengan desain bangunan adalah kereta bisa pindah ke tempat yang berbeda. Kereta ini bergerak melalui kota ke pegunungan Chichibu dan saya pikir itu akan bagus untuk kereta untuk dapat merespon dan berbaur dengan lingkungan dengan cara yang lembut,” kata Sejima.

Jendela dekat kursi penumpang ini memiliki ukuran 135 cm x 158 cm dan memungkinkan penumpang menikmati pemandangan panorama yang lebih luas dari biasanya. Kereta ini memiliki delapan gerbong dengan kursi sebanyak 422.

Tak hanya jendela yang dibuat luas, Sejima juga mendesai eksterior dan interior gerbong dengan kursi seperti sofa yang berlapis bahan kuning cerah. Setiap kursi penumpang memiliki sandaran kepala yang bisa disesuaikan.

(dezeen.com)

Bahkan di sandaran tangan juga ada meja lipat yang bisa digunakan penumpang. Dinding gerbong dilapisi warna putih yang kontras dengan kursi berwarna penumpang. Dengan desain ini, Sejima menginginkan penumpang santai bahkan seolah-olah berada di rumah dari pada naik kendaraan umum.

“Saya ingin membuat kereta yang terasa seperti ruang tamu di mana penumpang dapat dengan bebas bersantai dan merasa termotivasi untuk naik kereta,” tambahnya.

Selain itu pencahayaan di gerbong pun dibuat lebih soft dan pintu masuk dilapisi warna kuning serta lantai yang dilapisi marmer buatan. Kereta ini dirancang untuk merayakan ulang tahun Seibu yang ke-100, dimana operator mengoperasikan nama kereta adalah akronim yakni L adalah singkatan dari ruangan yang mengingatkan pada kehidupan mewah.

Baca juga: Di 2027, Jepang Hadirkan Kereta Cepat Maglev Tokyo-Nagoya

Huruf A adalah cepat seperti panah sedangkan view untuk pandangan melalui jendela besar. Seibu berencana untuk mengganti semua tujuh kereta yang menempuh jalur 60 mil antara dua stasiun dengan kereta baru pada akhir 2019.

Leave a Reply