Lokomotif Tua Terdampar di Hutan Paraguay, Ingatkan Kejayaan Industri Glasgow

0
lokomotif uap terdampar di hutan Paraguay

Ketika melihat sebuah lokomotif terdampar di sebuah hutan, apa yang terlintas di pikiran Anda? Sengaja diletakkan di situ atau memang dulunya ada jalur hingga ke dalam hutan tersebut. Lokomotif ini bisa dilihat di tengah hutan Paraguay dan bila terlihat dari foto, berada diantara akar pohon dan rerumputan.

Baca juga: 27 September 1825, Kereta Penumpang dengan Lokomotif Uap Pertama Kali Mengular

Bahkan ketika Anda melihat foto lokomotif di tengah hutan mengingatkan pada masa kejayaan industri Glasgow di Skotlandia, Inggris. Di mana saat itu sekitar seperempat lokomotif uap dunia dibangun di kota.

Apalagi ketika Glasgow berada di puncak kejayaan industri berat sebagai pembuat lokomotif dunia. Glasgow sendiri merupakan perusahaan lokomotif Inggris Utara yang mengekspor lokomotifnya ke jalur kereta api di seluruh dunia.

Bisa dikatakan, Glasgow merupakan perusahaan manufaktur terbesar di Eropa tepatnya di Springburn dan Polmadie. KabarPenumpang.com melansir dari laman glasgowlive.co.uk (4/1/2021), teronggoknya lokomotif di tengah hutan Paraguay tidaklah mengherankan.

Pasalnya lokomotif tersebut terdampat di hutan Paraguay yang letaknya sekitar 6500 mil dari tempat kelahirannya. Penemuan luar biasa tersebut dibuat dekat dengan kota Encarnación di selatan Paraguay dekat perbatasan Argentina.

Foto lokomotif nomor 230 yang tersebar di dunia maya tersebut diyakini diproduksi antara tahun 1910 dan 1912 oleh The North British Locomotive Co. Ltd. Foto tersebut ketika tersebar ditambahkan dengan keterangan, “Tahun-tahun pasti telah berlalu sejak ditinggalkan, dan hutan yang tumbuh di sekitarnya itu menyembunyikannya.”

Baca juga: Mallard, Lokomotif Uap Tercepat di Dunia Berusia 82 Tahun

Namun, tak ada dokumen yang jelas tentang penyebab lokomotif tersebut berada di tengah hutan. Penemuan lokomotif di tengah hutan ini setelah pada Mei tahun lalu ditemukan sebuah bangkai kapal uap yang dibangun di Glasgow.

Leave a Reply