Menjadi Pusat Ziarah, Stasiun Ayodhya Dibangun dengan Standar Kelas Dunia

0
desain Stasiun Ayodhya

Stasiun Ayodhya yang dibangun kembali, desain gambarnya baru-baru ini dirilis oleh Indian Railways. Pembangunan ini diharapkan akan selesai pada Juni 2021 mendatang dan siap untuk mendapatkan perubahan kelas dunia. Perubahan tersebut dilakukan oleh Indian Railways karena diperkirakan pelancong akan meningkat.

Baca juga: Stasiun Kereta New Delhi dan Mumbai Bakal Berstandar Kelas Dunia

Sebab Kuil Ram Mandir kemungkinan akan mengubah Ayodhya menjadi pusat ziarah sebesar Varanasi atau Prayagraj. Hal ini membuat Indian Railways telah meningkatkan anggaran proyek pembangunan kembali Stasiun Ayodhya dari Rs80 crore menjadi lebih dari Rs104 crore.

KabarPenumpang.com melansir dari laman timesnownews.com (5/8/2020), Kementerian Kereta Api berbagi pemandangan artistik Stasiun Ayodhya yang dibangun kembali. Dalam sebuah tweet disebutkan “Pekerjaan pembangunan kembali Stasiun Kereta Ayodhya berlangsung lancar.”

Stasiun Ayodhya sendiri berada di bawah zona kereta api utara dan untuk memastikan pengunjung mendapatkan fasilitas kelas dunia, maka fitur ramah lingkungan yang baru akan diperkenalkan. Untuk diketahui, kota Ayodhya sendiri merupakan salah satu tempat keagamaan terpenting di India.

Bahkan saat ini lebih dikenal lagi karena Kuil Ram dan dengan adanya jalur kereta api sebagai konektivitas membuatnya bisa langsung dikunjungi dari Lucknow, Varanasi atau tempat keagamaan lain disekitarnya. Sehingga bisa dikatakan, jalur Ayodhya diharapkan menjadi pusat wisata terbesar di Negeri Bollywood di tahun-tahun mendatang.

Fase 1 dari proyek pembangunan kembali tengah dilaksanakan dengan biaya Rs104 crore. Di bawah ini, sebuah bangunan stasiun besar dengan fasad kontemporer akan dikembangkan. Area yang akan dibangun akan menjadi 100.000 kaki persegi atau 9290 meter persegi dengan semua fasilitas modern. Platform dan apron juga akan ditingkatkan.

Daerah yang bersirkulasi juga akan dirubah dengan mural Ramayana besar. Saat ini fasilitas utama yang diusulkan dalam pembangunan kembali Stasiun Ayodhya adalah 15 loket tiket yang didirikan dengan kantor CRS dan CBS. Ruang tunggu kelas satu, kelas dua, umum dan wanita di lantai satu.

Baca juga: Mirip di Bandara, Dua Stasiun Kereta di India Dilengkapi Sensor Thermal Canggih

Satu ruang tunggu kelas satu di lantai dasar, Tiga kamar ber-AC serta asrama pria dengan 17 tempat tidur dan sepuluh tempat tidur di asrama wanita. Two Foot Over Bridges (FOBs), plaza makanan, empat toko di lantai dasar dan satu alun-alun makanan di lantai pertama.

Sekitar 19 urinal dan 20 toilet di seluruh area stasiun, pusat informasi turis, bilik taksi, perawatan bayi, ruang VIP, ruang pertemuan dan toilet VIP. Sebelum Stasiun Ayodhya, Indian Railways juga merenovasi Stasiun New Delhi dan Stasiun Mumbai agar berstandar internasional.

Leave a Reply