Meski Bukan yang Pertama Ada, Kereta Listrik Ini yang Tertua Beroperasi di Dunia

0
Kereta listrik tertua yang beroperasi di dunia. Foto: Volks Electric Railway

Kereta api listrik tertua yang beroperasi di dunia dibangun oleh Magnus Volk dan bagian pertamanya selesai tahun 1883. Kereta ini beroperasi lebih dari seperempat mil dari garis pengukur dua kaki yang membentang di sepanjang tepi laut resor Inggris tepatnya di Brighton antara Kolam Arch ke Brington Aquarium dan Chain Pier

Baca juga: Ini Dia Kereta Punjab Mail di India yang Berusia 110 Tahun

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, kereta ini memiliki daya listrik 50 V DC yang disuplai ke mobil kecil menggunakan dua rel berjalan. Beberapa bulan kemudian, jalurnya diperpanjang setengah mil di luar Chain Pier dan juga ada peningkatan pasokan listrik me jadi 160 V DC.

Selain itu juga ada pembangkit listrik yang dipasang di lengkungan dan dibangun di atas tebing Paston Place. Tahun 1886, rel ketiga yang disetel ditambahkan untuk meminimalkan kebocoran arus. Sepuluh tahun kemudian, kereta api listrik Brighton dan Rottingdean Seashore dibangun oleh Volk.

Kemudian sebuah stasiun disediakan berdekatan dengan Banjo Groyne, dan sebuah loop lengkap dengan pemberhentian disediakan di tengah jalan untuk mobil lewat. Dengan kedatangan mobil kedua layanan lima atau enam menit disediakan setiap hari musim panas dan musim dingin (kecuali hari Minggu sampai 1903), karena cuaca dan kerusakan badai memungkinkan.

Bahkan dikatakan banyak untuk ketabahan dan teknik Magnus bahwa layanan ini beroperasi hingga tahun 1940 ketika ancaman invasi menutup rel kereta api untuk sementara waktu. Pada bulan April 1940, Brighton Corporation mengambil alih jalur tersebut dan pada 2 Juli ditahun yang sama, persiapan pertahanan Perang Dunia II mengakibatkan penutupan jalur.

Setelah perang, mulai tahun 1947, perusahaan membangun kembali jalur tersebut menggunakan rel 24,80 kg per meter untuk jalur lari dan 12,40 kg per meter dipasang pada isolator untuk rel ketiga. Di Black Rock, sebuah stasiun baru dibangun untuk menggantikan gedung tahun 1937 yang mengalami kerusakan parah selama perang.

Jalur dibuka kembali untuk penumpang pada tahun 1948. Operasi musim dingin berhenti dari tahun 1954, meskipun jalur tersebut dibuka kembali sementara pada musim dingin tahun 1980 untuk menarik banyak wisatawan yang datang untuk melihat Athina B, sebuah kereta barang yang telah terdampar di dekat Dermaga Istana.

Lalu operasi ganda dua mobil diperkenalkan pada tahun 1964. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi penurunan jumlah pengunjung karena paket liburan ke luar negeri. Pada tahun 1995 Asosiasi Kereta Api Listrik Volk dibentuk untuk membantu operator jalur (Dewan Kota Brighton & Hove) mempromosikan dan mengoperasikan jalur tersebut.

Pada tahun 2003 Institut Sains dan Teknologi Kereta Api Volks dibentuk untuk mempromosikan sisi pendidikan dan sains dari kereta api Victoria ke sekolah-sekolah dan kelompok minat khusus. Pada akhir 1990-an, ujung jalur Black Rock dipersingkat 211 kaki untuk memungkinkan skema penyimpanan air badai dibangun di area marina.

Baca juga: 27 September 1825, Kereta Penumpang dengan Lokomotif Uap Pertama Kali Mengular

Stasiun tahun 1948 dihancurkan dan diganti dengan stasiun platform tunggal baru, yang dibuka pada tahun 1998 dan berbagi gedung dengan stasiun pompa Air Selatan yang baru.