Mulai Juni 2019, AirAsia Layani Penerbangan Langsung Perth-Lombok

(Lombok Insider)

Lombok di Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu destinasi incaran para pelancong baik domestik maupun mancanegara kini akan menghadirkan penerbangan langsungnya menuju ke Australia. Kehadiran penerbangan langsung ini akan dioperasikan oleh maskapai berbiaya hemat AirAsia. Rute baru dari Perth menuju Lombok tersebut akan mulai pada Juni 2019 mendatang.

Baca juga: Lombok Akan Jadi Hub Ke-5 AirAsia di Indonesia

“AirAsia rute Perth-Lombok akan terbang perdana pada 9 Juni 2019. Penjualan tiket akan dijual pada awal Maret nanti akan kita launching bersama AirAsia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Mohammad Faozal yang dikutip Kabarpenumpang.com dari republika.co.id, Kamis (21/2/2019).

Dia mengatakan bahwa Kemenpar akan memfasilitasi para pelaku industri wisata di Lombok untuk menjual paket perjalanan wisata mereka kepada pelancong Australia pada Maret 2019 mendatang.

“Ini mimpi besar kita, sekarang sudah hampir di depan kita. Kami juga memastikan Lombok yang akan menjadi salah satu hub terbesar AirAsia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali,” kata dia.

Sebagai salah satu hub, AirAsia sendiri menempatkan dua pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang di Lombok. Tak hanya itu, salah satu pesawat ditambahkan livery yang bertuliskan Lombok.

“Nanti di salah satu pesawat Air Asia ada tulisan Lombok-nya, dan itu gratis. Kalau bayar mungkin APBD kita juga tidak sanggup,” kata Faozal.

Sebelumnya rute internasional dengan penerbangan langsung yang dilakukan oleh AirAsia sendiri dari Lombok menuju Kuala Lumpur dan Singapura. Kasubdit Area IA Regional IV Kemnpar, Arya Galih Anindita mengatakan, pihaknya akan membantu memasarkan promosi pariwisata Lombok ke pasar Australia.

“Selain secara offline, Kemenpar juga akan masifkan promosi lewat online agar semakin banyak wisatawan Australia yang datang ke Lombok,” ujar Arya.

Baca juga: Dengan Santan, AirAsia Tawarkan ‘Restoran’ Cepat Saji dalam Penerbangan

Station Manager AirAsia Lombok Didit Indra mengatakan pengoperasian rute Perth-Lombok tidak lepas dari kerja sama seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpar, pemerintah daerah, dan juga para pelaku industri wisata.

“Kami berharap rute ini bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata Lombok ke depan,” kata Didit.