Nokia dan Altran Kembangkan Sistem Pemeliharaan Prediktif Untuk Kereta Api

Sumber: The Independent

Baru-baru ini, salah satu perusahaan telekomunikasi multinasional asal Finlandia, Nokia menjalin kerja sama dengan teknisi dan penyedia layanan R & D (ER & D) Altran guna mengembangkan solusi pemeliharaan rolling stock yang efisien untuk operator kereta api. Dalam hal ini, keandalan kedua belah pihak akan sangat ditonjolkan – Nokia dengan Internet of Things (IoT), dan Altran dengan kemampuan analisis dan integrasi sistem untuk operasi kereta apinya.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Ternyata ini yang Dimaksud Janitor di Kereta Api

Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (21/9/2018), kerja sama tersebut terjalin untuk menawarkan dukungan pemeliharaan prediktif untuk rolling stock dari sejumlah produsen kereta api. Tidak berhenti sampai di situ, kerja sama ini juga akan meminimalisir biaya pemeliharaan untuk para operator.

Selanjutnya, solusi baru ini akan menampilkan sensor pintar untuk memantau dan mengumpulkan data tentang kondisi dan kinerja rolling stock, serta koneksi jaringan nirkabel dan IoT untuk menggabungkan dan mengirim data. Setelah dikembangkan, platform IoT adaptif ini akan mampu untuk mengelola beberapa sensor dan perangkat lain sekaligus.

Solusi ini juga akan berperan sebagai mesin analisis lanjutan untuk menginterpretasikan data dan memberikan beberapa opsi tindakan pemeliharaan yang bersifat preventif. Penggunaan sistem ini diprediksi mampu untuk meningkatkan keandalan kereta hingga 30 persen, meminimalisir penundadaan dan pembatalan keberangkatan armada sebanyak 20 persen, dan menurunkan estimasi waktu pemeliharaan hingga 10 persen.

“Kerusakan tak terduga pada rolling stock memiliki dampak besar pada kinerja operasional operator kereta api secara keseluruhan,” tutur Pimpinan Nokia Global Transportation Segment, Jochen Apel. “Cara ‘tradisional’ untuk mengatasi terjadinya masalah seperti ini adalah dengan melakukan pemeliharaan untuk mencegah kerusakan ringan atau berat terjadi,” tandasnya.

Baca Juga: Depo KRL Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ada di Depok

Dengan pendekatan revolusioner yang dilakukan oleh Nokia dan Altran, lanjut Jochen, para operator kereta akan mendapatkan beragam keuntungan – mulai dari segi efisiensi waktu hingga biaya yang dikeluarkan. “Akan sangat efisien dan menekan pengeluaran biaya untuk pemeliharaan secara signifikan,” ujar Jochen.

Direktur Altran Rail and Transport Global Industry, Mike Greenan mengatakan kerja sama yang dijalin oleh pihaknya dengan Nokia akan meningkatkan kinerja operasional kereta api. “Perawatan prediktif merupakan peluang baru di bisnis perkeretaapian modern,”