NYC Cycleboats, Wahana kayuh Bersama Penjelajah Liberty Harbor Marina

Ilustrasi. Sumber: istimewa

Warga kota New York sebentar lagi akan memiliki wahana wisata baru, dimana ini juga merangkap sebagai sarana transportasi. Adalah NYC Cycleboats, rencananya akan diluncurkan pada 3 Mei mendatang, dimana wahana berbentuk kapal kayuh ini mampu menampung 16 orang. Ya, sesuai dengan namanya, penumpang harus mengayuh guna menggerakkan NYC Cycleboats ini. Kelak, wahana ini akan membawa penumpang berkeliling di sekitaran Liberty Harbor Marina.

Baca Juga: Perahu Getek, Riwayatmu Kini

Wahana ini tercetuskan manakala seorang pengusaha bernama Christopher Coscia tegah berlibur di Chicago dan melihat wahana serupa di sana. Kala itu, Christopher mengatakan bahwa New York membutuhkan wahana cycleboats dan iapun langsung ‘menggoreng’ idenya tersebut hingga matang.

“Saya sedang berada di Chicago untuk berlibur dan melihat cycleboats di sungai, dan saya rasa, New York membutuhkan moda semacam ini,” ujar Christopher, sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman workboat.com (25/4/2019).

“Saya juga telah berkoordinasi dengan pihak Coast Guard, dan secara kebetulan saya juga memiliki kapten kapal beserta kru kapal yang berlisensi untuk sesegera mungkin mewujudkannya di New York City,” tandasnya.

Di beberapa lokasi lain, wahana cycleboats ini bukanlah lagi menjadi sebuah barang baru. Sebut saja di Oregon yang telah terlebih dahulu memiliki wahana serupa yang diberi nama Cascade Cycleboats.

Pedal yang terletak di bagian bawah meja memungkinkan Anda untuk tetap bercengkrama, kendati harus mengayuh. Sumber: istimewa

Pada dasarnya, cycleboats merupakan moda gabungan antara sepeda dan kapal, dimana seperti yang sudah disinggung di atas, para penumpang harus mengayuh pedal yang berada di bawah kaki mereka untuk menggerakkan kapal. Pedal-pedal tersebut terkoneksi langsung dengan bilah kipas yang berada di belakang kapal dan ketika pedal dikayuh, maka bilah kipas akan berputar dan kapal akan bergerak maju.

Baca Juga: Surga Kanal Transportasi, Tak Hanya di Venesia Lho!

Berbeda dengan sepeda, cycleboats memiliki kemudi yang dikendalikan oleh seorang kapten yang siap untuk membawa Anda berkeliling lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Jadi, Anda hanya perlu mengayuh, bercengkrama dengan rekanan Anda, menikmati pemandangan sembari menenggak minuman beralkohol kadar rendah. Tentu saja, ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Bagi NYC Cycleboats sendiri, rencananya tarif yang akan dikenakan untuk tur Patung Liberty ini berkisar di antara US$44 (Rp624.000) hingga US$49 (Rp695.000). Sementara bagi Anda yang hendak menyewa kapal ini secara keseluruhan, Anda akan dikenakan biaya US$490 hingga US$550.

Nah, bagaimana? Cukup menarik bukan?