Panel Elektronik dengan Kecerdasan Buatan Mudahkan Penumpang Mencari Informasi di Stasiun Kereta

0
penumpang coba pakai panel elektronik di stasiun (japantimes.co.jp)

Teknologi semakin merajai di Jepang dan hal ini terbukti dari banyaknya para pekerja yang digantikan robot atau berbagai kepintaran buatan lainnya. Seperti salah satunya terlihat di stasiun kereta api komuter yang dilengkapi panel elektronik dengan kecerdasan buatan.

Baca juga: Wuih, Ada Robot Desinfektan Beroperasi di Stasiun Takanawa Gateway

Panel elektronik tersebut memulai debutnya pada Selasa (1/12/2020) di stasiun kereta utama di Tokyo. Panel ini hadir untuk memberikan informasi bagi pelancong maupun penumpang transfer dan ini masih dalam uji coba.

Operator kereta api menghadirkan panel elektronik tersebut untuk menutupi kekurangan tenaga kerja di masa depan. East Japan Railway Company, sebagai operator kereta sudah menyiapkan 30 panel di enam stasiunnya yang ada di Tokyo dan prefektur Chiba.

KabarPenumpang.com melansir dari laman japantimes.co.jp (1/12/2020), sebagai tindakan melawan virus corona, pengguna tidak perlu menyentuh panel secara langsung untuk mengoperasikannya dan panel mampu dapat mengukur suhu penumpang secara otomatis. Panel ini tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Cina dan Korea.

Panel dapat menjawab pertanyaan suara dan gerakan jari. Mereka dipasang di stasiun Shinjuku, Shinagawa, Ikebukuro dan Takanawa Gateway di Tokyo serta di dua lokasi di Chiba, Kaihinmakuhari dan stasiun Terminal 2 Bandara di Bandara Narita.

Fumiko Nakajima, penumpang berusia 78 tahun, mencari informasi tentang restoran menggunakan panel. “Orang tua seperti saya juga bisa mengoperasikannya. Saya lega karena tidak perlu menyentuh layar,” ujarnya.

Mengantisipasi kekurangan tenaga kerja di masa depan, JR East telah mempromosikan upaya penghematan tenaga kerja dengan menugaskan tugas rutin pekerja stasiun ke robot yang dilengkapi kecerdasan buatan. Di Stasiun Takanawa Gateway, yang dibuka pada bulan Maret sebagai perhentian baru pertama di jalur lingkar Yamanote Tokyo yang sibuk dalam hampir 50 tahun, operator kereta api akan memasang tampilan AI (artificial intelligence) di gerbang tiketnya sebagai uji coba mulai pertengahan Desember ini.

Baca juga:Toko Tanpa Pegawai di Stasiun Gateway Takanawa Dilengkapi Teknologi Kecerdasan Buatan

“Kami berharap dapat mengembangkan (teknologi) AI yang dapat digunakan banyak orang termasuk anak-anak dan orang asing,” kata Isao Sato, seorang pejabat senior JR East.

Leave a Reply