Pramugari Beberkan Rahasia Mencengangkan Soal Emergency Evacuation Slide Pesawat

0
Ilustrasi rahasia pramugari. Foto: The Things

Profesi pramugari bisa dibilang mendapat tempat cukup tinggi dalam strata sosial di Indonesia. Umumnya, seseorang dengan profesi tersebut bergelimang harta dan dekat sekali dengan segala sesuatu tentang kemewahan.

Baca juga: Bak Tanpa Riasan Penuh, Inilah Rahasia Cantik ala Pramugari Singapore Airlines

Di balik semua itu, sebetulnya perjalanan pramugari mengumpulkan pundi-pundi rupiah tidaklah mudah. Di antara sekian banyak tugas dan tanggung jawabnya, yang paling utama tentu menjaga keselamatan para penumpang di pesawat dan melayani kebutuhan penumpang.

Menjaga keselamatan dan melayani kebutuhan penumpang bahkan harus tetap didahulukan sekalipun dalam kondisi genting. Representasi dari itu, insiden yang menimpa Neerja Bhanot mungkin bisa jadi cerminan tepat.

Kala itu, pramugari yang belum genap berusia 23 tahun itu harus meregang nyawa setelah diberedel senapan dari para pemberontak. Padahal, sesaat sebelum ditembak, ia memiliki kesempatan melarikan diri, namun, ia memilih untuk menyelamatkan penumpang terlebih dahulu sebelum dirinya.

Ketika terjadi kecelakaan, saat penumpang lain sibuk menyelamatkan diri, pramugari juga tak lantas melakukan hal serupa, melainkan membuka pintu pesawat serta emergency dan mengaktifkan fitur emergency evacuation slide. Setelah itu, barulah penumpang dapat melarikan diri dari kabin.

Terkait emergency evacuation slide, cara kerja fitur ini bisa dibilang mudah, begitu juga saat mengaktifkan dan menggunakannya. Hal itu –mudah mengoperasikan- sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban mengingat fitur tersebut dipersiapkan memang untuk keadaan darurat.

Mula-mula, saat terjadi keadaan darurat, awak kabin akan memutar tuas slide posisi armed. Letaknya ada di pintu pesawat. Setelah itu pintu dibuka dan evacuation slide siap digunakan. Biasanya –sebagaimana rekomendasi FAA- evacuation slide akan siap digunakan setelah enam detik. Penumpang cukup menjatuhkan diri ke evacuation slide dengan posisi berbaring menghadap ke langit untuk membantunya meluncur ke permukaan.

Secara teknis, mungkin cara mengaktifkan fitur emergency evacuation slide nampak cukup mudah. Namun, belum lama ini, seorang pramugari yang tak ingin disebutkan namanya membeberkan rahasia tak mengenakkan dibalik fitur tersebut.

Dilansir express.co.uk, pramugari tersebut mengungkap bahwa ia seperti tersengat listrik setiap kali mengoperasikan itu saat pelatihan. Menariknya lagi, dalam forum Reddit tersebut, ia juga terus terang bahwa karena efek kejut seperti tersengat listrik itu teramat sering terjadi, pada akhirnya ia tak pernah mengaktifkan fitur tersebut sekalipun dalam kondisi darurat.

Baca juga: Yakin Sehat? Ini Rahasia Makanan di Pesawat Kata Mantan Pramugari

Beruntung, sengatan listrik tersebut dilaporkan tak berbahaya. Hal itu lebih dikarenakan perbedaan kondisi antara slide itu sendiri dengan permukaan tuas slide. Ketika tubuh manusia menyerap terlalu banyak elektron kecil dari kain tertentu yang bermuatan negatif – dalam hal ini, bahan seperti karet pada slide, maka, saat elektron ini bersentuhan dengan permukaan bermuatan positif, neutron bermuatan negatif melompat ke atasnya sehingga seperti menghasilkan efek kejut.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti, apakah sesuatu yang tak mengenakkan tersebut juga terjadi oleh pramugari di seluruh dunia atau tidak, tak peduli dimana dan apa jenis pesawatnya.

Leave a Reply