Punya Pesona Sejarah, Lion Air Buka Penerbangan ke Zhengzhou dari Bali dan Manado

Boeing 737 MAX 8 (kompas.com)

Apa sih yang sebenarnya menarik sampai Zhengzhou harus disambangi oleh para pelancong? Ternyata sebagai ibu kota Provinsi Henan, Zhengzou sendiri merupakan kota yang juga menjadi jantung kereta api modern. Kota ini sendiri memiliki keunikan dimana banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi dari sejarah, pertanian, perkebunan dan lainnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Denpasar ke Xi’an dan Zhengzhou

Karena hal tersebut, maskapai Lion Air member Lion Air Group meluncurkan penerbangan perdana carter yang sekaligus menghubungkan dua destinasi dalam negeri yakni Bali dan Sulawasi Utara (Sulut) menuju ke Zhengzhou. Adanya dua layanan penerbangan dari Manado dan Denpasar ini diharapkan memudahkan perjalanan pelancong antarnegara dan mampu mendorong pertumbuhan perdagangan, pasar pariwisata logistik, industri dan lainnya.

Dari keterangan tertulis yang diterima KabarPenumpang.com pada (25/7/2018), pelancong akan terbang langsung selama 6 jam 40 menit dari Denpasar ke Zhengzhou dan waktu tempuh enam jam dari Manado menuju Zhengzhou. Untuk melayani penerbangan ini, Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737 MAX 8, Boeing 737-800NG dan 737-900ER.

Dalam seminggu penerbangan dari Bali-Zhengzhou PP akan ada dua kali yakni Senin dan Selasa dengan waktu keberangkatan dari Denpasar pukul 16.10 WITA dan tiba di Zhengzhou pukul 23.00 waktu setempat dan dari Zhengzhou pukul 23.55 waktu setempat serta tiba di Bali pukul 06.45 WITA. Sedangkan dari Manado-Zhengzhou akan dilayanai empat kali dalam seminggu yakni Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu dengan waktu penerbangan pukul 17.35 WITA dan tiba di Zhengzhou pukul 23.00 waktu setempat serta dari Zhengzou pukul 23.55 dan tiba di Manado pukul 05.20 WITA.

Kehadiran rute baru tujuan Zhengzhou kini menambah kota tujuan internasional Lion Air dari Bali setelah Wuhan Tianhe, Guangzhou Baiyun, Jinan Yaoqiang, Shanghai Pudong, Chongqing Jiangbe, Changsha Huanghua, Hangzhou Xiaoshan, Chengdu Shuangliu dan Nanchang Changbei. Untuk jaringan dari Manado menyusul kesuksesan destinasi yang sudah terbangi yaitu Changsha Huanghua, Shanghai Pudong, Guangzhou Baiyun, Shenzhen Bao’an dan Changzhou Benniu.

Untuk pelancong dari Cina ke Bali sendiri dari data Mei 2018 sebanyak 23,32 persen sedangkan pelancong Cina yang mengunjungi Sulut ada 8.753 orang atau 86,54 persen. Diketahui, Zhengzou sendiri merupakan kota bersejarah paling tersohor dengan kuil Shaolin yang dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO sekaligus tempat kelahiran Kung Fu Shaolin.

Baca juga: Ekspansi di 2018, Lion Air Group Ajukan Pembukaan 68 Rute Baru Domestik dan Internasional

Bila pelancong mengunjungi Zhengzhou bersama keluarga bisa mendatangi Century Amusement Park, Taman Burung Unta dan Renmin Park. Untuk wisata gunung, pelancong bisa menikmati alam dari Gunung Song.

Tak lupa ke pameran spesimen di Museum Xinzheng menawarkan sebuah kilasan luar biasa ke dunia sains. Tempat ini mampu mengemas sejarah yang biasanya kita anggap membosankan dalam bentuk pameran menarik yang justru akan membuat kita merasa senang untuk belajar.