Ratu Victoria Sering Naik Kereta dari Stasiun Stokes Bay, Kini Jalur Itu Tinggal Kenangan Tanpa Jejak

0
Stasiun kereta Stokes Bay. Foto: Istimewa

Selama beberapa dekade, Hampsire, Inggris menjadi rumah bagi sejumlah stasiun kereta api yang sekarang tidak lagi beroperasi dan ditinggalkan. Bahkan ada beberapa yang tidak tahu, bahwa lokasi tersebut dulunya merupakan rumah bagi stasiun kereta api.

Baca juga: Stasiun Dent, Jadi Stasiun Tertinggi di Inggris dan Disewakan untuk Penginapan

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, salah satu yang menjadi bagian sejarah perkeretaapian Hampsire adalah di pantai Stokes Bay. Tempat ini adalah pantai populer yang dikunjungi dan mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ada dermaga di laut yang merupakan rumah bagi stasiun kereta api Stokes Bay.

Dermaga yang menyatu dengan Stasiun Stokes Bay. Foto: Istimewa

Stasiun Stokes Bay dibuka tahun 1860-an dan dirancang untuk memberi penumpang rute lain agar mengakses ferry ke Isle of Wight yang populer. Jalur ini dibangun dari Stasiun Gosport melintasi stasiun lain yang kini tak lagi ada dan tidak digunakan menuju ke peron di dermaga.

Dari catatan sejarah mengatakan bahwa stasiun ini digunakan oleh bangsawan pada beberapa kesempatan. Bahkan Ratu Victoria menggunakannya sebagai alternatif dari titik penyeberangan Gosport atau Clarence Yard yang disukainya ke Isle of Wight yang dicintainya.

Dalam buku harian Ratu Victoria, pada Februari 1880 menunjukkan bahwa Ia harus menggunakan stasiun selama cuaca buruk. Meski begitu layanan ke Stasiun Stokes Bay tidak sepopuler yang diharapkan meski penyeberangan ferry lebih cepat daripada berangkat dari Portsmouth.

Pada awal 1900-an, rute baru dibuka dari London ke Teluk Stokes di sepanjang jalur Lembah Meon, tetapi ini dikatakan tidak membawa peningkatan penumpang yang diharapkan. Layanan kapal uap dihentikan pada awal Perang Dunia Pertama, tetapi jalur tetap terbuka sampai 1 November 1915.

Ternyata, trek tersebut mulai diangkat secara bertahap pada tahun 1930-an, dengan sisa yang sedikit. Di mana bagian utara yang tersisa digunakan untuk menyimpan kereta sebelum dipindahkan seluruhnya. Pada tahun 2011 lokasi stasiun di Gosport Road ditempati oleh gedung pertukaran telepon BT.

Baca juga: Birmingham New Street, Stasiun Kereta Pertama di Inggris yang Adopsi Jaringan 5G

Sebagian besar rute selatan ke Teluk Stokes sekarang menjadi jalan setapak umum dan tidak ada jejak stasiun atau dermaga di Stokes Bay. Dermaga itu sendiri juga telah hilang, tetapi dulu terletak sangat dekat dengan tempat stasiun sekoci sekarang berada di pinggir laut Gosport.