Rayakan Ulang Tahun yang ke-75, Boeing 777 Saudia Pakai Livery Retro

0
Boeing 777-300ER Saudi mengenakan livery retro yang dikolaborasikan dengan tulisan ulang tahun ke-75. Foto: Saudia

Saudia (Saudi Arabian Airlines) belum lama ini merayakan ulang tahunnya yang ke-75 dengan meluncurkan dua livery spesial di dua pesawat berbeda; Boeing 777-300ER menggenakan livery retro dan satu lainnya, pesawat Boeing 787-9 Dreamliner menggunakan livery ulang tahun ke-75.

Baca juga: Sstt… Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Garuda Indonesia Retro Livery Setengah Hati!

Dibanding livery ulang tahun Saudia yang ke-75, livery retro Saudia dinilai lebih menarik. Sebelum itu, retro sendiri adalah teknik mengulang gaya yang pernah populer pada masa lalu, terutama tahun 1970-an sampai tahun 1990-an. Istilah retro berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu retrograde yang berarti style masa lalu.

Retro berbeda dengan vintage. Sebutan Vintage adalah model tahun 20-an sampai 60-an, sedangkan Retro adalah untuk sebutan model yang popular di tahun 70-an sampai 90-an.

Dilansir onemileatatime.com, livery retro Saudia dikenakan oleh pesawat Boeing 777-300ER dengan nomor registrasi HZ-AK28. Pesawat ini baru berusia enam tahun. Disebut lebih menarik dibanding livery spesial hut Saudia ke-75.

Sebab, livery retro ini menampilkan warna yang lebih pas dan sesuai dengan aspirasi avgeeks kebanyakan. Selain itu, livery ini juga menyisipkan tulisan “75 Tahun”.

Di tahun tahun 2020 silam, pesawat Boeing 707 Saudia sempat tertangkap kamera menggunaka livery retro.

Namun, livery yang digunakan untuk penerbangan spesial maskapai nasional Arab Saudi itu kurang begitu enak dipandang mata. Kebanyakan avgeeks juga kurang terlalu suka dengan livery yang menampilkan perwakilan warna kebesaran maskapai di masa lalu itu.

Pengecatan pesawat Boeing 777-300ER sendiri dilakukan sejak 27 Agustus 2021 silam di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Begitu juga dengan livery spesial ulang tahun Saudia ke-75 tahun. Pesawat ini dicat di tempat yang sama dan sudah berada di Jeddah sejak 29 Agustus lalu, masih lebih dulu dibangin livery retro.

Livery yang dikenakan di pesawat Boeing 787-9 Saudia berusia empat tahun ini menggunakan corak standar maskapai. Tetapi di bagian belakang terdapat tulisan “75 Tahun” berwarna emas persis di dekat pintu ketiga pesawat.

Baca juga: Pesawat Kepresidenan “Indonesia One” Telah Berganti Warna, Kini dengan Livery Merah Putih

Tak hanya itu, livery spesial hut Saudia ke-75 juga menampilkan tiga sosok pemimpin Arab Saudi yaitu Raja Abdulaziz bin Abdul Rahman (pendiri Arab Saudi), Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman di bagian vertical stabilizer pesawat yang juga berwarna emas.

Dalam laman Twitter resminya, dua livery spesial itu setidaknya memiliki tiga tujuan; visi yang sejalan antara pemimpin dengan rakyat, masa depan yang lebih cerah, dan maju bersama.