Saitama Railway Hadirkan Iklan dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

0

Iklan berdasarkan usia dan jenis kelamin di Jepang pada tahun 2018 lalu sudah mulai dihadirkan pada taksi. Tapi baru-baru ini kereta di Jepang juga mulai mengenalkan sistem iklan tersebut pada penumpangnya. Saitama Railway Corp mengatakan bahwa sistem ini adalah yang pertama di dunia dengan menghadirkan iklan tergantung jenis penumpang yang naik dalam gerbong kereta.

Baca juga: Gunakan Teknologi Pengenal Wajah, Taksi Jepang Hadirkan Iklan Sesuai Jenis Kelamin dan Usia Penumpang

Mereka menyebutkan, untuk menentukan iklan maka ada kamera yang dipasang di samping monitor di atas pintu gerbong kereta. Kamera ini bisa mendeteksi usia, jenis kelamin dan atribut penumpang lain yang berdiri di dekat kamera tersebut.

KabarPenumpang.com melansir asahi.com (16/12/2019), dengan menggunakan kecerdasan buatan – artifiial intellgence (AI) maka sistem akan menganalisis dan menggabungkan data dengan informasi lain seperti ramalan cuaca untuk menawarkan iklan berdasarkan kemungkinan prefensi penumpang. Pejabat operator kereta mengatakan, salah satu contoh penggunaan sistem adalah menampilkan iklan bir saat banyak penumpang pria bepergian selama jam sibuk pada malam hari di musim panas.

Monitor iklan ini akan terhubung ke internet melalui jaringan LTE berkecepatan tinggi. Pengaturan ini memungkinkan jangkauan iklan yang jauh lebih luas dibanding yang berbasis DVD. Tak hanya itu, monitor ini juga bisa menampilkan berbagai iklan meskipun di gerbong yang sama. Diketahui, sistem iklan dengan metode AI ini sudah mulai sejak November kemarin.

“Operasi kereta api adalah bisnis kuno, tetapi kita mungkin dapat mengubah persepsi seperti itu dengan memperkenalkan sistem semacam ini. Kami ingin merevitalisasi area di sepanjang jalur rel kami dengan berhasil mengadopsi sistem baru,” kata Hiroshi Ogino, presiden Saitama Railway.

Perusahaan berencana untuk memasang monitor 18,5 inchi di atas pintu gerbong kereta. Dua monitor masing-masing akan dipasang di atas dua dari empat pintu di setiap sisi gerbong kereta.

Sehingga delapan monitor akan diatur agar tidak akan saling berhadapan. Operator kereta api berencana untuk melengkapi 60 gerbong kereta dengan monitor tersebut pada bulan April.

Tiga perusahaan pengembangan sistem BiZright Technology Inc., Live Board Inc., yang menjalankan bisnis signage digital, dan operator telepon seluler NTT Docomo Inc. telah bekerja sama dengan Saitama Railway dalam mengembangkan sistem “layar kendaraan dinamis”. Perusahaan mengatakan sistem tidak akan mengumpulkan informasi yang dapat mengidentifikasi individu atau merekam penumpang.

Mereka mengatakan data penumpang bahkan tidak akan dibagikan di antara mereka sendiri. Saitama Railway digunakan untuk menjalankan iklan melalui pemutar DVD di kursi pengemudi. Isi dari iklan diubah sebulan sekali atau lebih, tetapi pendapatan dari iklan itu hampir nol karena banyak dari video tersebut adalah iklan layanan masyarakat dari kota Kawaguchi.

Baca juga: Iklankan “Terminator: Dark Fate,” Rev-9 Terpajang di Stasiun Shinjuku

Untuk menjual tempat iklan, Saitama Railway akan mengadopsi metode penjualan berbasis kesan AI selain cara tradisional melalui slot waktu yang ditentukan. Di bawah metode penjualan berbasis tayangan, iklan akan terus berjalan hingga sejumlah penumpang menonton iklan tersebut sebagaimana ditentukan dalam kontrak.

Leave a Reply