Setelah 100 Tahun, Rusia Buka Stasiun Kereta Api Jarak Jauh Pertama

0
Stasiun Vostochny menjasi stasiun kereta api jarak jauh pertama di Moskow setelah 100 tahun (railway-technology.com)

Setelah lebih dari 100 tahun, akhirnya Moskow yang merupakan ibu kota Rusia membuka stasiun kereta api jarak jauh pertama. Stasiun ini terletak di distrik Cherkizovo, Moskow dan menjadi pusat transpotasi baru yakni stasiun kereta api kesepuluh kota yang dapat melayani kereta api jarak pendek dan jarak jauh.

Baca juga: Unik, Stasiun Metro di Moskow Terhubung dengan Tujuh Apartemen Peninggalan Uni Soviet

Stasiun ini bernama Vostochny yang dioperasikan Russian Railways. Di mana kehadirannya akan menghubungkan stasiun kereta api dan metro ke arah Kursk serta lingkaran pusat kota Moskow (MCC) untuk membangun pusat pertukaran transportasi utama di wilayah tersebut. Pusat transportasi memungkinkan penumpang untuk mencapai tujuan mereka dengan cepat dan memberikan peluang baru bagi penduduk Moskow.

Jalur kereta dan peron di Stasiun Vostochny (railway-technology.com)

Dirangkum KabarPenumpang.com dari railway-technology.com, Vostochny dikembangkan antara tahun 2020 dan 2021 sebagai bagian dari pusat pertukaran transit penting di Cherkizovo yang menghubungkan stasiun Cherkizovskaya jalur metro Sokolnicheskaya (Jalur 1), stasiun Lokomotif MCC, dan transportasi permukaan perkotaan.

Dibuka pada Mei 2021, Stasiun Vostochny dibangun untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di bagian tersibuk jalur kereta Kurskaya-Kalanchevskaya dan meningkatkan kapasitas penanganan kereta. Yang mana kehadirannya diharapkan menjadi salah satu dari sepuluh pusat transportasi terbesar di Moskow tahun 2025 dengan penumpang harian lebih dari 133 ribu orang.

Uniknya Stasiun Vostochny terletak di pinggiran kota, tidak seperti kebanyakan stasiun kereta Eropa dan Rusia lainnya, yang umumnya terletak di pusat kota. Stasiun ini menyediakan akses lebih dari seratus rute berbeda melalui persimpangan ke metro, MCC, dan transportasi darat. Penumpang transit akan lebih mudah mengakses bandara ibukota karena koneksi stasiun Vostochny dengan MCC.

Luas keseluruhan tanah tempat stasiun dibangun adalah 9.600m² dengan kompleks stasiun Vostochny mencakup terminal penumpang modern seluas 4.200m² dan dua platform dengan ketinggian yang berbeda-beda yang tersebar di sisa 5.400m². Stasiun Vostochny baru dirancang untuk memenuhi standar Transportasi Moskow. Kompleks ini mencakup gedung bergaya berteknologi tinggi bertingkat yang menampilkan ruang tunggu dengan 200 kursi yang dilengkapi dengan pengisi daya USB, aula resepsi, aula kelas bisnis, dan fasilitas lainnya seperti penyimpanan otomatis, kantor tiket universal, food court, serta kamar ibu dan anak.

Kompleks stasiun juga dilengkapi sistem pemanas dan ventilasi modern, AC, api dan sistem keamanan transportasi. Penumpang dapat mengakses klinik medis di stasiun yang menyediakan layanan kesehatan primer dan vaksinasi Covid-19. Stasiun ini memiliki empat eskalator dan tiga lift dipasang di stasiun untuk membantu penumpang penyandang cacat, orang tua, ibu dengan anak-anak, dan penumpang dengan bagasi.

Jalur yang nyaman ke gedung stasiun dari Jalan Amurskaya akan dibangun pada Oktober 2021 untuk mengurangi jarak antara stasiun metro dan MCC sekitar tiga kali. Rencana juga mencakup ruang parkir untuk 311 mobil, area parkir mobil bersama, dan zona ciuman dan perjalanan.

Baca juga: ‘Macet’ Jadi Alasan Mengapa Kereta di Rusia Jadi yang Terlamban di Dunia

Nantinya akan ada 48 kereta jarak jauh yang akan tiba di Stasiun Vostochny, dengan 20 diantaranya kereta berkecepatan tinggi Strizh dan Lastochka menuju Nizhny Novgorod dan Ivanovo. Sedangkan 28 sisanya adalah kereta transit yang bepergian melalui Moskow dalam perjalanan mereka antara bagian barat laut dan selatan negara itu.























LEAVE A REPLY