Stasiun Kuno Yusubaru Punya Bangunan Terbuat dari Kayu dengan Usia Lebih dari 100 Tahun

0
Stasiun Yusbaru hadirkan bangunan kuno dan pemandangan pedesaan. Foto: soranews24.com

Bukan hanya kota besar yang dilintasi kereta api, tetapi pedesaan di Jepang pun tak asing dengan jalur lintasan si kuda besi. Beberapa di antaranya bahkan memiliki keunikan dan cerita tersendiri. Meski tidak seramai di perkotaan, tetapi jalur kereta di pedesaan menghadirkan ketenangan serta suasana yang lebih kuno.

Baca juga: Merasakan Nostalgia Satu Abad Lalu di Stasiun Mojiko Jepang

KabarPenumpang.com melansir laman soranews24.com (5/8/2021), Stasiun Yusubaru Kyushu yang terletak di prefektur Fukuoka merupakan salah satu stasiun di pedesaan yang memiliki suasan kuno dan menawan. Stasiun ini juga merupakan stasiun dengan bangunan kayu tertua di Kyushu dan dibuka pada Agustus 1895.

Bahkan dalam foto, tidak terlihat adanya mesin penjual otomatis di Stasiun Yusubaru tersebut. Di atas pintu masuk stasiun terdapat papan kecil dari kayu dengan nama stasiun secara lengkap ‘Stasiun Kereta Api Heisei Chikuho Yusubaru’. Di atas bangku di sebelah kiri ada tanda kayu lain, dengan tanda yang menunjuk ke ruang bagasi di sebelah kanan, dan ke area parkir sepeda di sebelah kiri.

Tanda tersebut menggunakan karakter kanji kuno untuk jitensha (sepeda), berlawanan dengan cara penulisan modern. Perbedaan kecil, tetapi bukti lebih lanjut tentang berapa umur stasiun ini. Area tunggu di stasiun juga menampilkan karakter kanji kuno untuk ‘papan pesan’ dan digunakan sebagai pengganti , yang saat ini digunakan. Kanji kuno dimaksudkan untuk dibaca dari kanan ke kiri.

Pada tahun 1895, papan ini digunakan oleh penduduk setempat untuk bertukar pesan. Bahkan, papan pesan Stasiun Yusubaru sekarang menampilkan poster dan informasi tentang sejarah stasiun. Dalam stasiun ada jadwal kereta yang tertera dan mungkin bagi orang perkotaan di Tokyo atau kota besar di Jepang lainnya pasti bingung karna tidak tahu artinya.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, jadwal tampaknya untuk stasiun lain sepenuhnya. Jadwal sebenarnya ada di poster merah-biru di sebelah kiri pintu masuk. Mungkin, tapi alasan yang lebih mungkin adalah bahwa stasiun itu sebenarnya digunakan sebagai lokasi syuting untuk drama Tokyo Tower: Mom and Me, and Sometimes Dad.

Stasiun Yusubaru terutama digunakan di masa lalu untuk membantu mengangkut batu bara. Karena stasiun setelah Yusubaru semuanya menurun, kereta bank dilepas di sini sebelum kereta lainnya melanjutkan perjalanannya.

Pemandangan yang dihadirkan saat naik kereta dari stasiun ini pun indah dan hanya ada pada kereta api pedesaan. Meski sudah berusia lebih dari 100 tahun, Stasiun Yusubaru masih terpelihara dengan sangat baik.

Baca juga: Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang, Stasiun Unik Tanpa Pintu Keluar

Stasiun ini juga tidak memiliki staf khusus, shingga ucapan terima kasih harus diberikan kepada penduduk setempat dan sukarelawan kereta api yang datang untuk membersihkannya sehingga kondisinya seperti sekarang ini. Jika Anda berada di daerah Fukuoka dan ingin menikmati sedikit sejarah Jepang yang menyenangkan, pastikan untuk mengunjunginya!