Tarif ‘Spesial’ di Kelas Bisnis Emirates Hanya Pada Penerbangan Tertentu

Maskapai penerbangan dunia banyak yang membagi kelas ekonomi mereka menjadi premium dan biasa. Namun ini sudah biasa terjadi, tetapi bagaimana bila yang dibagi adalah kelas bisnis? Nantinya juga akan seperti apa dengan pembagian kelas bisnis ini?

Baca juga: Intip Dibelakang Layar Pelatihan Awak Kabin Emirates

Ternyata maskapai Timur Tengah yakni Emirates baru saja melakukan pembagian pada kelas bisnisnya. Pembagian ini dimulai pada awal bulan Juni 2019 dimana akan ada tarif kelas bisnis spesial atau khusus dengan hak istimewa yang sama dengan kelas bisnis biasa. KabarPenumpang.com melansir laman stuff.co.nz (21/6/2019), dengan kehadiran kelas baru ini, melengkapi tiga kategori tarif kelas bisnis lainnya yang memungkinkan akses ke fasilitas udara dengan biaya rendah.

Adapun sejak tahun 2016 Tim Clark, Presiden Emirates menerapkan tiga kelas bisnisnya yakni Saver, Flex dan Flex Plus serta tambahan baru Special. Pelanggan yang memilih kelas bisnis tarif baru ini nantinya tidak akan mendapatkan berbagai fasilitas di darat dan hanya mendapat fasilitas sama seperti di udara.

Fasilitas yang menghilang dengan tarif spesial adalah penumpang tidak mendapat akses lounge, kendaraan penjemputan ke bandara hingga keamanan di jalur khusus serta tidak bisa memilih kursi. Bahkan skywards miles yang diberikan Emirates juga akan lebih sedikit dan penumpang tidak bisa meningkatkan perjalanan mereka ke kelas satu dengan miles.

“Anda akan mendapatkan produk bisnis hanya di udara, dan hanya itu. Tidak ada sopir, tidak ada ruang kelas bisnis, tidak ada keamanan yang dipercepat. Tidak mengangkat tunjangan bagasi Anda dan lainnya. Anda hanya membayar untuk tempat tidur. Saya ‘ Aku akan memberimu harga untuk itu,” ujar Tim.

Meski begitu, maskapai ini mengatakan, tarif khusus hanya akan tersedia pada rute tertentu berdasarkan tren musiman dalam permintaan perjalanan. Namun Emirates berharap tarif dengan rute ini bisa diluncurkan lebih luas lagi nantinya.

Baca juga: Memukau, ‘Sosok’ Airbus A380 Emirates Jadi Ladang Bunga Terbesar di Dubai

Tiket untuk kelas bisnis khusus ini sekitar $157 atau setara dengan Rp1,5 juta. Tarif ini bahkan lebih murah dari kelas Saver yang mencakup fasilitas reguler baik di darat maupun udara. Situs web maskapai untuk penerbangan kelas bisnis dari Auckland ke Dubai tidak menghadirkan tarif “spesial”.