Video Diklaim Punya Pramugari Sriwijaya SJ-182, Ternyata Milik Pramugari Cebu Pacific yang Pamit dalam Penerbangan Terakhir

0
Video viral punya pramugari Cebu Pacific dikira punya pramugari Sriwijaya korban kecelakaan

Banyak sekali hal yang dikatikan dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Ai SJ-182 pada 9 Januari 2021. Seperti ungkapan terakhir awak kabin yang direkam sebelum pesawat berangkat dan mengalami kecelakaan, atau hal lainnya yang dikaitkan sebelum kecelakaan terjadi.

Baca juga: Video Pramugari Bekerja dari Rumah Viral dan Banyak Dikomentari

Baru-baru ini viral sebuah video di mana seorang awak kabin sebuah maskapai menyampaikan pesan terakhirnya. Video ini telah dilihat puluhan ribu kali di Facebook, YouTube maupun TikTok ini diklaim menunjukkan seorang pramugari menangis di dalam pesawat Indonesia Sriwijaya Air.

Namun nyatanya setelah diselidiki lebih jelas itu bukanlah milik salah satu pramugari yang menjadi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Flight SJ-182 melainkan milik pramugari Filipina. Pramugari tersebut merekam dirinya dan mengatakan, ini adalah perjalanan terakhirnya untuk maskapai penerbangan bertarif rendah Filipina yakni Cebu Pacific pada 2020 kemarin.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman afp.com (25/1/2021), video berdurasi sebelas detik tersebut diposting di Facebook pada 11 Januari 2021. Judul postingan yang diartikan ke bahasa Indonesia itu menjadi “Air mata korban seperti hujan yang terus turun. Kata-kata terakhir pramugari di SJ-182. Sebelum tragedi itu terjadi, dia sudah punya firasat. Beristirahatlah dalam damai di surga sekarang, adik perempuan.”

Rekaman tersebut telah ditonton lebih dari 77 ribu kali setelah diposting bersama dengan klaim serupa di YouTube serta di TikTok. Ternyata pencarian online menemukan video tersebut sebelumnya diunggah di sini pada 24 Oktober 2020 di akun TikTok @cckimberlyangcay.

Judul video itu berbunyi: “PENERBANGAN TERAKHIR SAYA SEBAGAI CABIN CREW vlog 🥺💛 yt link in my bio 🥰”.

Dalam video tersebut, wanita itu terdengar berbicara dalam bahasa Tagalog, berkata: “Teman-teman, penerbangan ini (secara emosional) berat bagiku.”

Logo Cebu Pacific, maskapai bertarif rendah dari Filipina, dapat dilihat di latar belakang klip. Angelica Kimberly M. Angcay, pemilik akun TikTok, mengatakan kepada AFP bahwa dia merekam video pada penerbangan terakhirnya sebagai awak kabin Cebu Pacific pada Juli 2020.

Baca juga: Pramugari ini Bikin Video TikTok Tentang ‘Kotornya’ Air Panas di Dalam Kabin

“Saya tidak bisa menahan diri selama penerbangan karena kami menerima email tentang penghematan tersebut saat kami memberi pengarahan sebelum penerbangan. Saya sangat ingin membuat vlog saya. penerbangan terakhir dan nikmati saja. Aku mencoba menahan emosiku saat itu, tapi aku merasa sedih selama penerbangan,” kata mantan pramugari Cebu tersebut.