Cina Kirim Vaksin ke Eropa Gunakan Sepuluh Lokomotif yang Menarik 278 Gerbong

0
Kereta kargo dari Cina ke Eropa (chinadaily.com.cn)

Vaksin untuk Covid-19 sudah mulai tersebar dan disuntikkan untuk masyarakat hampir diseluruh dunia. Banyak cara untuk melakukan pengiriman vaksin-vaksin ini salah satunya dengan pengantaran kereta barang. Belum lama ini kereta barang Cina-Eropa mengirimkan pasokan vaksi Covid-19.

Baca juga: Dari London, Kereta Kargo East Wind Sampai di Yiwu Setelah 19 Hari!

Kereta X8026 meninggalkan Yiwu, provinsi Zhejiang menuju ke Malaszewicze di Polandia pada hari Senin (25/1/2021) dan diperkirakan akan tiba dalam waktu sekitar 13 hari. KabarPenumpang.com mendapatkan video yang beredar bahwa, kereta yang mengangkut vaksin ini ditarik sepuluh gerbong di mana lima berada di bagian depan, tiga dibagian tengah dan dua dibagian belakang.

Ada sekitar 278 gerbong yang ditarik sepuluh lokomotif yang mengangkut seratus kontainer diantaranya berisi vaksin dan lainnya mengangkut kargo kebutuhan sehari-hari, termasuk masker, pakaian pelindung, jarum suntik, perangkat keras dan suku cadang mobil. Nantinya sebagian dari kargo ini akan dipindah ke kereta lain untuk dkirim ke Hamburg, Jerman.

Batch bahan vaksi yang dikirim ke Polandia dibeli oleh Perusahaan Zarys Pomaga Polandia di bawah komisi pemerintah Polandia. Tahun lalu kereta barang Cina-Eropa mengirimkan 76 ribu metrik ton bahan anti-epidemi tahun lalu ke berbagai tujuan termasuk Italia, Jerman, Spanyol, Republik Ceko, Polandia, Hongaria, Belanda dan Lithuania.

Bisa dikatakan kerja sama Belt and Road di mana kereta kargo yang menghubungkan Cina dengan Eropa tersebut selalu mendapat keuntungan dimasa pandemi. Pasalnya dari layanan itu banyak kota dibenua Eurasia yang mendapat manfaatnya. Bahkan Yiwu akan meluncurkan lebih dari 1.500 kereta barang tujuan Eropa tahun ini.

Rute kargo yang menghubungkan Yiwu dengan Eropa melalui Xinjiang di barat laut Cina dikatakan Du Jianbo, direktur Jinhua Cargo Center China Railway Shanghai Group menangani 1.399 kereta barang Cina-Eropa pada tahun 2020, melonjak 165 persen dari tahun ke tahun. Provinsi Zhejiang merupakan sumber dari 28 layanan kereta barang Cina-Eropa yang mengangkut barang ke 59 negara di kawasan Eurasia.

Baca juga: Nippon Express Canangkan Pengiriman Barang dengan Kereta dari Cina Menuju Eropa

Komoditas yang diangkut dengan kereta api meliputi perangkat keras, tekstil dan pakaian, suku cadang mobil, kebutuhan sehari-hari, dan peralatan teknik. Uni Eropa dan Cina adalah dua pedagang terbesar di dunia. Untuk diketahui, Cina sekarang adalah mitra dagang terbesar kedua UE, di belakang Amerika Serikat. UE adalah mitra dagang terbesar Tiongkok.

Leave a Reply