Classon – Helm Sepeda dengan Lampu LED plus Kamera Video Depan-Belakang

0
Untuk program beta, helm Classon ditawarkan dalam pilihan warna biru, hitam atau putih. Foto: Beyond

Helm saat ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, sehingga membuat penggunanya nyaman dan merasa lebih aman. Salah satunya adalah helm sepeda yang dilengkapi dengan indikator lampu sein untuk berbelok. Namun meski ada itu pun, pengendara sepeda masih menggunakan tangan sebagai sinyal tradisional ketika berbelok.

Baca juga: TorchONE – Helm Sepeda dengan Lampu LED yang Bisa Dipasang dan Dilepas

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (13/8/2021), untuk lebih memudahkan dan menghilangkan cara tradisional, helm Calsson hadir dengan LED indikator dipicu oleh gerakan lengan pengendara. Ini juga untuk memperingatkan kendaraan dari belakang yang mendekati pengendara sepeda.

Helm Classon sendiri awalnya merupakan topik kampanye Kickstarter dan berhasil. Sehingga helm ini kemudian ditawarkan kepada publik sebagi bagian dari program beta. Seperti kebanyakan helm pintar lainnya, Classon dilengkapi dengan lampu depan, lampu belakang atau lampu rem serta indikator belok LED kuning melengkapi dua sisi di bagian depan dan belakang.

Helm Classon juga memiliki kamera video depan dan belakang. Semua elektronik tersebut dihubungkan ke dua mikroprosesor 1,2-GHz onboard, dan ditenagai oleh baterai lithium 2.800-mAh yang seharusnya baik untuk runtime hingga empat jam per satu jam pengisian daya. Kapan pun pemakainya menjalankan sinyal lengan belok kiri atau kanan tradisional, “sensor gerakan” di helm dilaporkan mendeteksi gerakan itu, dan memicu indikator belok helm yang sesuai.

Meski begitu masih menunggu kabar dari pabrikan Beyond yang berbasis di New York, alias Brooklyness mengenai seperti apa bentuk sensor tersebut. Lampu depan dan lampu belakang tetap menyala secara konsisten, meskipun ketika akselerometer terintegrasi mendeteksi bahwa sepeda motor tiba-tiba melambat, lampu belakang akan menyala untuk sementara dan berfungsi sebagai lampu rem.

Kedua kamera video dapat digunakan untuk merekam perjalanan hanya untuk bersenang-senang, atau untuk penggunaan legal jika terjadi kecelakaan dengan hingga enam jam rekaman mereka disimpan di memori internal helm. Selain itu, jika kamera belakang “melihat” kendaraan mendekat dari belakang di titik buta pengendara sepeda, pengendara diperingatkan melalui LED yang berkedip di bagian bawah kaca helm.

Baca juga: Helm Tail-Light-Packin Didukung dan Diaktifkan oleh Cahaya Sekitar

Berat helm ini diklaim hanya 580 gram dan tahan air IP65 yang berarti dapat menahan pancaran air bertekanan rendah dari segala arah. Untuk diketahui satu helm seharga US$199 dan setelah Classon mencapai produksi penuh, harganya akan naik menjadi $399.