Jumlah Penumpang Anjlok 97 Persen, Swedia Tutup Bandara Ketiga Terbesar yang Berlokasi Dekat Stockholm

0
Stockholm Bromma Airport (Photo: Swedavia Airports)

Bagi kebanyakan orang, hanya mengenal Arlanda sebagai bandara yang ada di kota Stockholm, Swedia. Tentu itu wajar adanya, mengingat Arlanda adalah bandara terbesar di Swedia, dan menjadi pintu gerbang keluar masuknya pelancong dan pebisnis di Negara Skandinavia tersebut. Namun, seperti halnya Jakarta, Stockholm juga dikelilingi oleh beberapa bandara. Meski secara internasional kurang dikenal, tapi Stockholm juga memiliki bandara yang lebih kecil, seperti Bandara Vasteras, Bandara Skavsta dan Bandara Bromma.

Baca juga: Melesat 200 Km Per Jam, Arlanda Express Kereta Bandara Tercepat

Di antara empat bandara yang ada disekitaran Stockholm, yang lokasinya berada paling dekat dengan pusat kota adalah Bromma, yaitu hanya berjarak 7 km dari pusat kota Stockhom. Bandara ini merupakan bandara yang tergolong tua, pasalnya sudah dibuka sejak tahun 1936. Namun, ada kabar yang kurang menyenangkan, lantaran Bromma akan ditutup secara permanen.

Dikutip dari airlinegeeks.com (3/5/2021), disebutkan bandara yang mempunyai kode BMA itu terpaksa akan ditutup selamanya, pangkal musababnya adalah dampak pandemi Covid-19. Dilaporkan jumlah penumpang anjlok menjadi kurang dari 500.000 pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Padahal bandara yang melayani rute domestik ini pada tahun 2019 melayani 2,5 juta penumpang, dan dinobatkan sebagai bandara ketiga terbesar di Swedia. Lalu lintas di Bromma semakin merosot pada tahun 2021. Selama bulan Maret lalu, hanya 6.000 penumpang yang melewati terminalnya, penurunan 97 persen dibandingkan tahun 2019.

Sebagian besar lalu lintas udara komersial masuk dan keluar Stockholm saat ini ditangani oleh Bandara Arlanda, padahal jarak Arlanda 37 kilometer dari pusat kota Stockholm. Arlanda menangani lebih dari 25 juta penumpang pada 2019, dengan lalu lintas turun menjadi lebih dari 6,5 juta pada 2020.

Keputusan penutupan Bandara Bromma mendapat reaksi kontras dari berbagai partai politik di Swedia. Otoritas setempat khawatir penutupan bandara akan merusak bisnis di daerah tersebut karena Arlanda berjarak lebih dari 30 menit berkendara. Sebagai informasi, Bandara Vasteras dan Bandara Skavsta, jaraknya sekitar 100 kilometer dari pusat kota Stockholm.

Rencana awal adalah mempertahankan operasional Bromma hingga tahun 2038, yaitu saat Arlanda diharapkan memiliki landasan pacu keempat yang dibangun dan dapat dengan mudah menyerap semua lalu lintas yang saat ini ditangani oleh Bromma.

Namun penilaian dampak yang dilakukan pada tahun 2020 oleh Swedavia, perusahaan milik negara yang memiliki dan mengoperasikan bandara utama di Swedia, menetapkan bahwa mempertahankan bromma tidak dapat dibenarkan secara ekonomi. Di sisi lain, kelompok lingkungan mendukung inisiatif ini karena mereka melihat penerbangan komersial sebagai ancaman potensial terhadap target ambisius mereka untuk menjadikan Swedia netral karbon pada tahun 2045.

Baca juga: Jumbo Hostel Boeing 747, Penginapan Premium di Lingkungan Bandara Arlanda

Pemerintah Swedia kabarnya ingin membangun 400 hektar lahan yang saat ini ditempati oleh Bandara Bromma menjadi perumahan real estate premium dekat yang dengan pusat bisnis di Stockholm.

LEAVE A REPLY