Lokomotif Legendaris “Mao Zedong” Tuntaskan Perjalanan 11 Juta Kilometer

Lokomotif Mao Zedong (China.org.cn)

Siapa yang tak kenal Mao Zedong, ialah tokoh pendiri sekaligus Presiden Pertama Republik Rakyat Cina (RRC). Meski telah wafat pada 9 September 1976, nama mantan Pemimpin Partai Komunis Cina ini masih begitu lekat dalam benak warga. Sebagai bentuk penghormatan, serial lokomotif yang diberi label “Mao Zedong” sudah dihadirkan cukup lama dan kabar terbaru lokomotif tersebut telah menyelesaikan tonggak sejarah dengan melampaui sebelas juta kilometer atau setara dengan mengelilingi bumi sebanyak 275 kali.

Baca juga: NIS 171 – Konsep Lokomotif Futuristik Hindia Belanda untuk Rute Semarang-Yogyakarta

Lokomotif ini menyelesaikan sebelas juta kilometernya setelah menarik kereta Z2 yang tiba di Stasiun Barat Beijing pukul 08.16 waktu setempat pada 6 Agustus 2019 kemarin. Ini juga menetapkan rekor baru perjalanan dari kelompok kerera jarak jauh.

Lokomotif Mao Zedong pertama kali beroperasi 30 Oktober 1946 silam yang mana kala itu Cina tengah dikepung perang. Dalam 73 tahun terakhir kereta api Cina mengalami ekspansi besar-besaran dimana modernisasi mencakup pada lokomotif Mao Zedong. Generasi awal lokomotif Mao Zedong adalah lokomotif jenis uap, yang kemudian seiring perkembangan zaman diganti dengan lokomotif mesin diesel dan yang terbaru mengadopsi lokomotif bertenaga listrik.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari china.org.cn (6/8/2019), lokomotif listrik HXD3D-1893 saat ini adalah lokomotif keenam yang bernama Mao Zedong dan nomor seri 1893 cocok dengan tahun kelahiran Mao. Awalnya lokomotif ini diperuntukan untuk menarik kereta barang. Lokomotif Mao Zedong dipindahkan ke layanan kereta penumpang pada Juli 2014. Kemudian pada Mei 2016, lokomotif mulai menarik kereta Z1/2 yang bergerak antara Beijing dan Changsha yang berjarak 1.500 kilometer.

Ketika telah melampaui sebelas juta kilometer dan tiba di stasiun, seluruh kru memberikan penghormatan pada lokomotif Mao Zedong tersebut. Bahkan ada pemberian pita dari pemimpin otoritas kereta Beijing kepada anggota kru lokomotif Mao Zedong di Stasiun Barat Beijing.

Selain itu, para anggota kereta juga ddiberikan spanduk bertuliskan “Selamat atas Lokomotif Mao Zedong menyelesaikan jarak tempuh keselamatan yang memecahkan rekor sejauh 11 juta kilometer”. Lokomotif Mao Zedong memulai pelayanan penumpang pertamanya dari Beijing ke Fungang di Provinsi Anhui.

Baca juga: Butuh 200 Tahun, Evolusi dari Lokomotif Uap Hingga Ke Diesel Listrik!

Lokomotif pertama Mao Zedong yang bertenaga uap dibangun oleh Dalian Lokomotif dan Rolling Stock Co LTD pada tahun 1946, Lokomotif Mao Zedong ini telah menyelasaikan tugasnya dan beralih ke layanan penumpang dengan menempuh jarak sekitar 855 kilometer dan berhenti di 12 stasiun. Pada tonggak sejarah sebelas juta kilometer tersebut lokomotif dilengkapi dengan lambang wajah Presiden Tiongkon Mao Zedong.