Mudahkan Komunikasi Penumpang dan Staf, ANA Rilis “Pocketalk” Perangkat Penerjemah di 50 Bandara

0
ilustrasi. Sumber: TweakTown

Guna memudahkan komunikasi antara penumpang dengan staf maskapai, All Nippon Airways (ANA) memperkenalkan perangkat penerjemahan interaktif yang bernama Pocketalk. Pengenalan perangkat ini tersebar di 50 bandara yang ada di Negeri Sakura. Adapun produsen dari perangkat Pocketalk ini adalah Sourcenext yang berbasis di Jepang. Menurut pihak ANA, penerjemah bahasa real-time ini mampu menerjemahkan hingga 74 bahasa – termasuk beragam dialek dan idiom yang biasanya dilontarkan oleh para pelancong.

Baca Juga: Punya Keterampilan Multibahasa, Awak Kabin Berpeluang Sukses Lebih Besar

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman businesstraveller.com (18/12), kemampuan dari Pocketalk ini tidak hanya sebatas menerjemahkan saja, melainkan juga bisa mengkonversi hasil terjemahan ke dalam bentuk teks dan suara. Tapi, hanya 55 bahasa saja yang bisa diubah ke dalam bentuk teks dan suara, 19 bahasa sisanya hanya bisa dikonversi ke dalam bentuk teks saja.

Layaknya perangkat penerjemahan yang jauh lebih populer, Google Translate, Pocketalk  juga membutuhkan koneksi internet untuk bisa menggunakannya. Kehadiran mikrofon pada bagian bawah Pocketalk akan berfungsi untuk menangkap suara yang dilontarkan oleh para penggunanya. Agar berfungsi, pengguna harus menekan tombol yang ada di bagian tengah Pocketalk untuk merekam dan nantinya dialih-bahasakan.

Pocketalk. Sumber: businesstraveller.com

“Dengan menggunakan perangkat ini, staf ANA akan lebih siap untuk berinteraksi dengan penumpang dimana sebelumnya staf kami sedikit kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka,” tulis ANA di dalam siaran pers.

Tertanggal 18 Desember kemarin, perangkat perdana dari Pocketalk ini ditampilkan di lobi dan gate keberangkatan Bandara Osaka International Itami. Rencananya, akan ada 200 unit Pocketalk yang tersebar di 50 bandara di Jepang yang mungkin akan mulai dioperasikan pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Ini Dia! Pekerjaaan Favorit Yang Asyik Dilakukan Sembari Liburan

Ya, hadirnya perangkat ini seolah menjawab kegundah-gulanaan pelancong yang datang ke Jepang, mengingat Jepang merupakan salah satu negara yang sedikit kesulitan berbicara bahasa Inggris (bahasa internasional). Bukan tidak mungkin dengan hadirnya Pocketalk ini, akan meningkatkan jumlah pelancong di negara yang terkenal dengan kartun Manga-nya ini.

Leave a Reply