Promosikan Budaya Jepang, Bento Jadi Pilihan Kuliner di Stasiun Paris

0
Japanese "bento" di kereta Paris. Foto: Kyodo News

Siapa yang tak kenal makanan kotak Jepang yang disebut dengan bento? Biasanya di Jepang sendiri, makanan bento menjadi pilihan para penumpang kereta cepat Shinkansen.

Baca juga: Naik Kereta Shinkansen, Jangan Lupa Beli Ekiben di Kios Stasiun untuk Bekal Makanan

Dikenal banyak orang di dunia, makanan bento akan memperluas jangkauannya di Eropa, tepatnya di Stasiun Paris pada November mendatang. Makanan bento tersebut terdiri dari hidangan ayam yang dibumbui dengan nasi. Makanan bento tersebut akan dihidangkan oleh Hanazen yang merupakan perusahaan dan berbasis di prefektur Akita, Jepang timur laut.

Perusahaan tersebut mengatakan akan mulai menjual makanan bento yang juga menghadirkan makanan lokal lainnya seperti mie atau udon dan acar lobak asap di Stasiun Gare de Lyon yang adalah salah satu stasiun terbesar di Perancis dengan 160 juta pengguna tahunan. Perusahaan menyebutkan kotak ekiben akan dijual di toko pop-up di stasiun hingga April tahun depan.

Penjualan makanan bento dari Hanazen sendiri karena kerja samanya telah disetujui oleh perusahaan kereta api nasional Prancis. Selain itu, makanan bento dijual di Perancis sebenarnya adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan budaya makanan Jepang.

Nantinya tak hanya makanan bento, udon dan acar, tetapi Hanazen juga memiliki rencana menjual daifuku yang merupakan kue beras bulat lembut berisi pasta kacang manis serta sake Jepang.

Baca juga: Sambut New Normal, Maskapai Bakal Kurangi Penggunaan Troli dan Sajikan Makanan dalam Kotak ‘Bento’

“Jika budaya ekiben menyebar, orang mungkin ingin datang ke Prefektur Akita dan makan di sana,” kata kepala Hanazen Shuichi Yagihashi, yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman kyodonews.net (20/9/2021).

Untuk diketahui, Hanazen memiliki anak perusahaan di Perancis dan sudah membuka outlet di Paris 2019 lalu.