Selain Batas Waktu 20 Menit, Berikut Tips Aman Santap Makan di Restoran

0
Akan ada jauh lebih sedikit pengunjung di luar jam sibuk(irishtimes.com)

Selama masa PPKM Darurat, Pemerintah telah melarang menyantap makanan langsung di  restoran (dine in). Kebijakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tentu punya tujuan positif, namun harus diakui, banyak konsumen yang rindu berat untuk bisa kembali menyambangi untuk makan di restoran favorit.

Baca juga: Setelah 20 Tahun Lebih, Lansia Kembar Palestina Sukses Sulap Boeing 707 Jadi Restoran

Tentu ada cita rasa yang berbeda jika harus makan dengan cara take away atau memesan lewat delivery. Guna merespon ‘jeritan’ konsumen dan pastinya para pengusaha kuliner, Pemerintah di masa perpanjangan PPKM (Level 4) telah memberi kelonggaran, yakni dipersilahkan untuk dine in, tapi waktu makan dibatasi hanya 20 menit saja, yaitu dihitung sejak makanan siap (tiba) untuk dimakan, plus tidak dianjurkan untuk ngobrol.

Idealkah waktu yang diberikan? Lepas dari kontroversi 20 menit. Masih ada beberapa poin penting yang layak Anda  perhatikan ketika ‘harus’ makan di restoran. Dirangkum dari irishtime.com, ada beberapa cara makan aman di restoran di masa pandemi dan pembatasan.

Lakukan Perencanaan
Sebelum memtuskan untuk keluar dari rumah, sebaiknya Anda bisa mencari referensi. Saat ini restoran yang luas, dan berlangit-langit tinggi serta yang memiliki ruangan luar lebih disukai. Bila referensi cocok, Anda bisa menghubungi restoran untuk reservasi dan sekaligus bertanya masalah ventilasinya.

Kunjungi restoran yang dikenal
Lebih baik pergi ke restoran yang Anda sudah kenal seluk beluknya, sehingga bisa mencari posisi yang tepat saat makan di tempat tersebut.

Ikut aturan
Di masa pandemi cukup banyak aturan untuk makan di restoran. Seperti di Eropa Barat, setiap orang yang berusia 18 tahun ke atas akan diminta untuk menunjukkan sertifikat digital Covid-19 Uni Eropa di pintu. Sebelum memasuki restoran, serta formulir identitas berfoto, seperti SIM. Anda juga akan diminta untuk memberikan nama dan nomor telepon salah satu anggota dewasa dari pesta untuk pelacakan kontak.

Tiba tepat waktu
Ketika sudah melakukan reservasi, datang tepat waktu menjadi penting dilakukan, dengan demikian pihak pengelola restoran dapat membuat pengaturan jarak yang ideal. Dengan datang terlambat, maka ada kemungkinan untuk menciptakan kerumunan di area tunggu.

Baca juga: Tanggapi Respon Pandemi, Pemerintah Jepang Izinkan Operator Taksi Antar Pesanan Makanan

Minimalkan waktu ke Toilet
Jika Anda ingin ekstra hati-hati, hindari area kecil dan tertutup seperti toilet, yang kemungkinan memiliki ventilasi lebih sedikit. Jika terpaksa harus ke toilet, kenakan masker double dan tetap pakai sampai Anda kembali ke meja Anda.