Sensor Pintu Kargo Bermasalah, Thai Airways TG917 Terpaksa Return to Base ke Heathrow

Thai Airways TG917 tampak membuang muatan bahan bakar sebelum kembali menuju Heathrow. Sumber: zimeye.net

Sebuah pesawat Boeing 777-300ER dari maskapai Thai Airways terpaksa membuang ribuan galon bahan bakar di Selat Inggris sebelum melakukan pendaratan darurat di London Heathrow, sesaat setelah pilot mengumumkan bahwa salah satu pintu pesawat belum tertutup secara sempurna. Thai Airways dengan nomor penerbangan TG917 ini dikabarkan meninggalkan London pada Rabu (13/2/2019) sekira pukul 21.35 waktu setempat dalam penerbangannya menuju Bangkok. Namun tak lama pesawat mengudara, pilot akhirnya memutuskan untuk melakukan Return to Base (RTB).

Baca Juga: Terkendala Masalah AC, Armada Garuda Indonesia Rute Jakarta – Bangkok Return to Base

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman zimeye.net (17/2/2019), tidak lama setelah pesawat ini meninggalkan Bandara Heathrow, lampu peringatan menyala dimana hal tersebut memperingatkan pilot bahwa pintu kargo tidaklah tertutup dengan sempurna. Radar di menara pengawas (ATC) menunjukkan bahwa pesawat berputar sebanyak beberapa kali di atas Selat Inggris guna mengosongkan tangki bahan bakar yang sebelumnya sudah diisi.

Setelah sekian ‘lap’ berputar untuk mengosongkan tangki bahan bakar, pesawat itu akhirnya bisa kembali mengudara menuju Bandara Heathrow dan melakukan pendaratan darurat. Menurut situs web Boeing, pesawat jenis 777 dapat menampung hingga 47.890 galon di tangki bahan bakarnya, yang dapat menelan biaya hingga £60.000 atau yang setara dengan Rp1,1 miliar untuk mengisi bahan bakar berdasarkan harga bahan bakar saat ini.

Penerbangan yang tengah mengangkut 344 penumpang dan 20 kru di dalam pesawat ini berhasil mendarat dengan selamat dan mereka semua langsung dievakuasi menuju gedung terminal – sementara para petugas ahli langsung mengidentifikasi masalah yang melanda penerbangan tersebut.

“Tidak dapat dipercaya, bahwa apa yang harus saya tumpangi adalah pesawat yang akan mengirim saya kembali ke Heathrow,” cuit salah satu penumpang Thai Airways TG917 di sosial media Twitter.

Setelah dilakukan pengecekkan secara menyeluruh, ternyata teknisi tidak menemukan masalah pada pintu tersebut, melainkan pada sistem lampu peringatannya.

“Sensor untuk sistem tampilan pintu kargo menunjukkan ketidaksesuaian,” ujar Wakil Presiden Departemen Keselamatan, Keamanan dan Standar Penerbangan, Letnan Penerbangan Pratana Patanasiri.

Baca Juga: Bikin Ulah Pasca Keluar Toilet, Penumpang ini Paksa The Flying Kangaroo Return to Base

“Insinyur penerbangan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk memeriksa seluruh pesawat. Mereka menemukan masalah pada lampu notifikasi, dan tidak ada penyimpangan lain yang berbahaya,” tandasnya.

Setelah menyelesaikan masalah yang ada di pesawat, penerbangan tersebut baru bisa diberangkatkan kembali menuju Bangkok pada pukul 00.32 waktu setempat (14/2/2019), dan mendarat dengan selamat pada pukul 18.14 waktu setempat.