Wednesday, May 25, 2022
HomeHot News‘Shinkansen’ Copot Rangkaian, Railfans Heboh

‘Shinkansen’ Copot Rangkaian, Railfans Heboh

Ada informasi tak biasa yang di sebar Railfans di media sosial Whatsapp. Sekitar pukul 10.30 WIB pagi tadi (28/12/2021), seorang Railfan asal Bogor menyebar video kereta inspeksi 4 keluar Depo Lokomotif Tanah Abang. Kereta Inspeksi atau biasa dijuluki ‘Shinkansen’ ini tak biasanya keluar untuk melakukan langsiran, apalagi sebelumnya tidak informasi akan keluar untuk menjalankan dinas inspeksi.

Baca juga: Akses Keluar Stasiun Bogor Kini Ada Dua Pintu

Diketahui bahwa Kereta Inspeksi 4 memiliki 5 stamformasi (SF) dengam tenaga diesel. Sempat ramai di jagad media sosial Whatsapp dan bertanya – tanya apakah akan keluar hanya untuk uji coba atau melakukan inspkeksi dadakan.

Rangkaian Inspeksi ‘Disunat’
Ramai membahas Kereta Inspeksi 4 di media sosial, ternyata ada salah satu Railfans mengatakan bahwa rangkaian ada yang ‘disunat’ alias dipotong rangkaian. Kereta ini ternyata melakukan langsiran keluar dari Depo Lokomotif Tanah Abang menuju jalur 1 Stasiun Tanah Abang kemudian mundur kembali untuk melakukan pindah jalur menuju ke bagian pengecekan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Uniknya rangkaian Kereta Inspeksi 4 ketika dipotong rangkaian jadi bisa terlihat bagian persambungan kereta yang menggunakan sistem sambungan ‘Akordeon’. Persambungan yang dipasang Kereta Inspeksi 4 ini memang dirancang untuk menghidari dari air yang masuk kedalam rangkaian. Persambungan sistem ‘Akordeon’ ini sudah lama digunakan sejak KRL masuk ke Jabodetabek. Jadi Kereta Inspeksi 4 sudah tidak menggunkan persambungan dengan bahan karet hitam yang biasa digunakan kereta api jarak jauh.

Spekulasi Railfans Tentang Kereta Inspeksi 4 saat Langsir
Ketika foto dan video Kereta Inspeksi 4 langsir dan dipotong rangkaian, banyak spekulasi yang diterima di Whatsapp mengenai copot rangkaian kereta tersebut. Salah satunya spekulasi unik dan menggelitik yang disampaikan yaitu: “Oh, itu bakalan jadi KRD Bumi Geulis. Bumi Geulis Mewah. Ha ha ha”. Alhasil sebagian besar Railfans di grup tersebut tergelitik dengan candaannya dengan pemikiran yang tidak akan terjadi.

Baca juga: Rail Bicycle, Mudahkan Petugas Kereta Api Lakukan Inspeksi Pada Jalur Rel

Setelah rangkaian Kereta Inspeksi 4 kembali masuk ke Depo Lokomotif Tanah Abang dan berpindah jalur menuju pengecekan, beberapa Railfans yang dilokasi ada yang tetap menunggu di peron Stasiun Tanah Abang dengan harapan rangkaian Kereta Inspeksi langsir kembali dan mendapatkan momen yang tidak terduga untuk di upload di media sosial mereka. (PRAS – Cinta Kereta Api)






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular